Home » » Cara Mudah untuk Screenshot Layar Laptop

Cara Mudah untuk Screenshot Layar Laptop

Screenshot dipahami sebagai sebuah cara untuk memotret tampilan layar monitor, seperti layar monitor laptop ataupun komputer. Biasanya kita melakukan ini agar dapat mengambil gambar dari tampilan layar laptop yang sedang berjalan, sehingga hasilnya akan lebih maksimal dan detail.

Screenshot sendiri dapat dilakukan dengan mudah dan bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi lainnya. Berikut ini penjelasan tentang cara melakukan screenshot pada layar laptop tanpa bantuan aplikasi.

Tata Cara Melakukan Screenshot Layar Laptop Tanpa Bantuan Aplikasi 

Jika pada smartphone, maka kita dapat meng screenshot dengan cara menekan tombol power dan volume minus secara bersamaan. Sementara pada laptop juga dapat melakukan screenshot dengan hanya menekan tombol saja dan tanpa menggunakan aplikasi khusus. Ingin tahu bagaimana caranya? Mari perhatikan penjelasan berikut.

1. Siapkan tampilan layar laptop yang ingin di screenshoot

Langkah pertama silahkan siapkan tampilan layar laptop yang ingin di screenshoot. Ketika ingin melakukan screenshot layar laptop pastikan tampilannya telah disiapkan.

2. Buka aplikasi paint

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah silahkan buka aplikasi paint pada laptop tersebut. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang umum ada dalam setiap produk laptop. Silahkan buka aplikasi tersebut dan biarkan berjalan lalu di minimize, sehingga aplikasi tidak mengganggu tampilan layar yang ingin di screenshoot.

3. Tekan tombol PrtSc

Langkah ketiga silahkan tekan tombol PrtSc yang ada pada keyboard laptop. Tombol inilah yang memiliki tugas untuk memotret tampilan layar atau meng screenshot layar tersebut. Setelah menekan tombol PrtSc tersebut, maka lakukan langkah keempat.

4. Salin gambar dari Prtsc ke Paint

Langkah keempat, salin gambar dari PrtSc ke Paint. Setelah menekan tombol PrtSc tadi, selanjutnya silahkan buka kembali aplikasi Paint. Kemudian pada tombol keyboard tekan Ctrl dan V secara bersamaan. Tujuannya adalah untuk menyalin hasil screenshot ke aplikasi  Paint. Selanjut, silahkan lakukan proses editing gambar yang ada pada aplikasi tersebut hingga sesuai dengan tampilan yang diinginkan.

5. Simpan hasil screenshot

Langkah kelima dan juga menjadi langkah terakhir dalam meng screenshot layar laptop adalah menyimpan hasilnya. Setelah dilakukan proses editing, maka hasil screenshot tersebut dapat disimpan pada folder yang diinginkan. Pastikan format file yang digunakan relevan, biasanya orang-orang  menyimpan hasil screenshot ini dalam bentuk PNG maupun JPG. Nantinya setelah disimpan, hasil screenshot layar laptop tersebut dapat digunakan sesuai dengan kebutuhannya.

Demikianlah tata cara melakukan screenshot layar laptop yang dapat diberikan kali ini. Semoga cara di atas dapat membantu  Anda yang ingin melakukan screenshot layar laptopnya. Cara yang telah dijelaskan tadi sangatlah mudah dan dapat dilakukan secara mandiri. Agar hasilnya baik, maksimalkanlah proses editing yang dilakukan pada aplikasi paint tadi. Selamat mencoba.

1 komentar:

  1. Best darts betting tips | Tournaments - Chakino matchpoint matchpoint m88 m88 카지노사이트 카지노사이트 6338the best card hand in poker - Choego Casino

    BalasHapus


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )