Home » » Cara Mudah Hapus Data Android Agar Secara Permanen

Cara Mudah Hapus Data Android Agar Secara Permanen

Android saat ini termasuk salah satu perangkat yang banyak digunakan, bahkan perangkat cukup laris di pasaran. Sama seperti perangkat telepon lainnya, android kadang kala terjadi error yang disebabkan penyimpanan penuh.

Alhasil kita pun harus menghapus sejumlah data agar ada ruang penyimpanan yang tersedia. Agar dapat menghapus data di android dengan benar bahkan juga bisa permanen, berikut beberapa caranya yang dapat dicoba.

3 Cara Menghapus Data Android Secara Permanen 

Sesuai dengan penjelasan di awal tadi bahwa penghapusan data dilakukan dengan tujuan untuk memberikan ruang penyimpanan yang lebih cukup untuk android. Dengan begitu android dapat bekerja lebih optimal. Berikut ini akan disampaikan beberapa cara untuk menghapus data android bahkan secara permanen.

1. Hapus Data Melalui Komputer

Cara pertama yang dapat dicoba untuk menghapus data melalui komputer. Caranya silahkan hubungkan android ke komputer melalui kabel data (USB). Kemudian carilah perangkat tersebut pada komputer tadi. Setelah itu cari folder atau file yang ingin dihapus, kemudian hapus folder atau file tersebut. Dengan begitu data yang dihapus tadi tidak akan muncul lagi pada perangkat android dan terhapus secara permanen.

2. Hapus Data Menggunakan Aplikasi Penghapus

Cara kedua yang juga dapat dicoba adalah menghapus data menggunakan bantuan dari aplikasi penghapus (eraser). Saat ini telah banyak aplikasi yang mampu membantu kita untuk menghapus data secara permanen, sehingga data tersebut tidak lagi menjadi beban ruang penyimpanan.

Silahkan cari aplikasi itu pada playstore dan juga instal aplikasi itu pada perangkat yang dimiliki. Selanjutnya silahkan jalan aplikasi itu  dan cobalah untuk menghapus data yang diinginkan. Pastikan tidak salah pilih data, sebab jika telah terhapus maka akan sulit untuk dikembalikan.

3. Hapus Data Melalui Format Kartu Memori

Cara ketiga dan mungkin juga telah banyak diketahui adalah menghapus data melalui format kartu memori. Kartu memori merupakan salah satu ruang penyimpanan yang ada pada perangkat android. Biasanya kapasitas penyimpan kartu memori tersebut lebih fleksibel, maksudnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Data pada kartu memori juga dapat dihapus secara permanen melalui menu format kartu memori. Biasanya menu ini terdapat pada menu pengaturan dan penyimpanan android. Ketika telah terformat, maka seluruh data pada kartu memori tersebut akan hilang secara permanen.

Terlepas dari tiga cara tadi, sebaiknya menghapus data ini dilakukan dengan hati-hati. Usahakan untuk memilih data yang dihapus secara benar, sebab jika salah maka akan sangat merepotkan. Jika ingin melakukan format, sebaiknya pindahkan terlebih dahulu data yang dianggap penting agar tidak ikut terhapus. Selain itu, agar ruang penyimpanan tidak cepat penuh sebaiknya lakukan pengelolaan file atau daya secara berkala.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )