Home » » Kelebihan dan Kekurangan Stok Mochan

Kelebihan dan Kekurangan Stok Mochan

Stok mochan kini semakin menjadi salah satu alternatif cara menjaga supply pulsa yang dimiliki oleh para server dan agen. Bagaimana tidak, perubahan aturan dalam dunia jual beli pulsa telah memberikan dampak tak terelakkan bagi pelaku usaha tersebut. Diberlakukannya system hard cluster atau pemetaan wilayah distribusi dalam pengisian pulsa membuat server memutar otak bagaimana caranya agar tetap bisa memenuhi kebutuhan pulsa masyarakat secara nasional.

Meskipun awalnya hard cluster dicananangkan demi membantu para server lokal menjadi andalan konsumen di sekitarnya, tetapi distribusi yang tidak merata antara satu wilayah dengan wilayah yang lain menyebabkan harga pulsa naik. Hal ini wajar apabila dilihat dari hokum permintaan. Semakin tinggi permintaan, semakin naik harganya, mengingat produk yang dimaksud tersedia dalam jumlah yang terbatas. Pada akhirnya para end users atau konsumenlah yang dirugikan karena harus membayar lebih mahal dibandingkan dengan sebelumnya. Pihak server lokal sendiri juga merasakan imbas dari kehilangan kepercayaan konsumen sehingga tak sedikit yang gulung tikar. 

Selalu ada hikmah di setiap kejadian. Kini, dampak system hard cluster tidak terlalu terasa karena server pulsa masih dapat mencari alternative penambahan suplai pulsa mereka. Salah satunya dengan stok mochan atau modern channel. Istilah ini muncul seiring dengan cara baru yang ditawarkan provider bagi para server yang ingin menjual pulsa all operator secara online. Namun, sebelum itu, mereka harus bekerja sama dengan perusahaan switching yang menjadi perantara resmi antara agen dan provider. 

Kelebihan stok modern channel

Dibandingkan dengan cara lama menggunakan biller atau chip khusus dari masing-masng operator, stok ini menawarkan kelebihan sebagai berikut:
  • Tidak terpengaruh oleh system hard cluster, sehingga server bisa menjual pulsa kepada konsumen dimana saja.
  • Harga yang ditawarkan sesuai dengan nominal atau kadang menjadi lebih murah sebab terjadinya pemangkasan jalur distribusi atau hanya melewati perusahaan switching.
  • Proses transaksi lebih cepat tergantung kualitas koneksi internet yang dimiliki.
  • Kesempatan melakukan penjualan dalam payment point system yang terdiri dari beberapa produk sekaligus, di antaranya pulsa elektrik, layanan pembayaran tagihan listrik dan cicilan kredit, serta pembelian tiket pesawat dan kereta api. 
Kekurangan stok modern channel
Tidak ada gading yang tak retak. Meskipun memiliki kelebihan-kelebihan seperti yang telah disebutkan di atas, stok ini juga masih punya kekurangan, di antaranya:
  • Tidak tersedianya faslitas complain apabila pulsa ternyata tertunda saat pengiriman.
  • Tidak bisa melakukan refund pada pengisian pulsa yang gagal. Kalaupun bisa, prosesnya maksimal satu minggu untuk setiap transaksi.
  • Membutuhkan modal materi dan SDM yang mencukupi sebab server harus memiliki koneksi internet handal serta harus memberikan pelatihan pada operatornya tentang bagaimana caranya menjual produk pulsa melalui system ini.
Setiap pengusaha pemula memang harus jeli melihat peluang. Meskipun produk yang ditawarkan memiliki pangsa pasar yang luas, tetapi ketidaksiapan menghadapi berbagai tantangan termasuk kendala pada penyediaan produk dapat menjadi masalah di kemudian hari. Selain tetap memanfaatkan stok chip dan h2h, server pemula juga bisa mulai menginvestasikan modalnya pada stok mochan sebagai pendukung kualitas layanan kepada calon pelanggan.

0 komentar:

Posting Komentar