Home » » Coba Peruntungan di Program Jaring Pengaman Sosial (JPS)

Coba Peruntungan di Program Jaring Pengaman Sosial (JPS)

Penggelontoran dana untuk kartu pra kerja tahun 2020 telah dianggap mencukupi kuota. Saat ini masyarakat sedang menunggu adanya gelombang lanjutan. Ada kemungkinan intensif dari pemerintah ini akan dibuka kembali pada tahun 2021.

Nah, buat kamu yang merasa membutuhkan bantuan finansial segera, bisa coba daftar JPS (Jaringan Pengaman Sosial) dari Kemnaker.

Apa itu Jaringan Pengaman Sosial dan Manfaatnya?

JPS, kependekan dari Jaringan Pengaman Sosial, adalah program yang diluncurkan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dengan tujuan mengurangi dampak wabah virus corona terhadap peningkatan jumlah pengangguran di Indonesia. hampir mirip dengan kartu prakerja, program ini memiliki dua skema yaitu:

  • Program tenaga kerja mandiri (TKM) – bertujuan menciptakan lapangan kerja berkelanjutan dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki daerah setempat. 
  • Program Padat Karya – bertujuan memberdayakan masyarakat yang sedang tidak memiliki pekerjaan dalam kegiatan pembangunan fasilitas publik.

Secara resmi diluncurkan mulai 4 Oktober 2020, JPS menjadi salah satu solusi strategis yang diambil pemerintah dalam menangani kerugian ekonomi pada masyarakat akibat pandemi virus corona. untuk syaratnya sendiri, tergantung pada jenis program yang diikuti:

  • TKM : pekerja yang terdampak wabah dan terkena PHK
  • Padat Karya : masyarakat yang merupakan pengangguran atau setengah menganggur

Dari uraian mengenai tujuan dan syaratnya, maka dapat disimpulkan bahwa manfaat program JPS tidak hanya untuk mereka yang sedang menganggur dan membutuhkan pekerjaan.

Masyarakat yang ingin membuka usaha juga disediakan kesempatan mengikuti program Tenaga Kerja Mandiri, dimana nantinya akan berlanjut ke penciptaan lapangan kerja bagi orang lain, terutama yang tinggal di sekitar wilayah usaha tersebut.

Dalam pelaksanaannya nanti, semua peserta akan memperoleh bimbingan dan pelatihan yang diawasi langsung oleh Kemnaker.

Program JPS dari Kemnaker belum dirilis secara resmi kapan akan dibuka. Namun, di internet sudah sering berseliweran link situs yang disebut sebagai tempat pendaftaran.

Untuk itu masyarakat diminta untuk sedikit bersabar sebab kementerian Ketenagakerjaan akan merilis informasi resminya. Dapatkan akses berita yang valid langsung dari situs Kemnaker atau kunjungi kantor Dinas Tenaga Kerja setempat.

Bagi yang ingin tetap mengajukan diri untuk mendaftar sebagai calon penerima manfaat kartu prakerja gelombang 11, harus bersabar. Louisa Tuhatu, Head of Communication PMO Kartu Prakerja menyatakan bahwa pihaknya masih menunggu adanya arahan dari Komite Cipta Kerja.

Masyarakat juga diingatkan untuk tetap waspada terhadap berita hoax atau penipuan yang mengatasnamakan program kartu prakerja, agar tidak tergoda untuk memberikan data pribadi kepada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Kartu Pra Kerja dan Jaring Pengaman Sosial hanya dua di antara sekian program yang diluncurkan untuk membantu masyarakat baik para pekerja maupun pemilik usaha. Kesemuanya merupakan upaya menjaga kestabilan ekonomi dari lapisan terbawah yang terdampak oleh pandemi wabah corona. 

Pastikan apapun bentuk bantuan yang kamu pilih harus diakses dari situs atau sumber resmi agar terhindar dari kasus penipuan.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )