Home » » Rencanakan Keuangan dengan Baik Jika Ingin Sukses Berbisnis

Rencanakan Keuangan dengan Baik Jika Ingin Sukses Berbisnis

Salah satu bahan yang harus dipertimbangkan ketika ingin terjun secara penuh ke dalam dunia bisnis adalah kebutuhan modal usaha. Modal jadi faktor paling penting dalam memulai sebuah usaha. Banyak orang gagal memulai hanya karena modal yang dimiliki tidak cukup atau terbatas.

Padahal, jika niat berbisnis sudah ada, Anda bisa mendapatkan sumber uang dari mana saja. Anda juga perlu rencanakan keuangan dengan baik agar bisnis tidak hanya dapat dimulai tapi bisa terus bertahan dan berkembang.

Perencanaan Keuangan Ketika Memulai Bisnis

Setiap pelaku bisnis perlu yang namanya kemampuan dalam mengatur keuangan. Hal ini penting jika Anda tidak ingin yang namanya terjebak dalam lingkaran hutang. Berikut ini beberapa hal yang bisa jadi acuan untuk Anda yang ingin mulai berbisnis.

1. Memisahkan uang pribadi dengan uang untuk bisnis

Perencanaan keuangan bisa dimulai dengan memisahkan uang milik pribadi dengan uang yang akan digunakan saat berbisnis nanti. Bila perlu buatlah dua rekening tabungan yang terpisah.

Begitu juga jika Anda akan menjalin kerja sama dengan orang lain. Anda bisa buat rekening bersama atas nama Anda dan juga rekan bisnis Anda supaya keuangan dapat terkontrol dengan baik.

2. Melihat laporan arus kas setiap hari

Laporan arus kas yang baik menandakan bisnis berjalan dengan baik. Jadi Anda harus yakinkan bahwa laporan arus kas bisnis Anda harus selalu positif.

Banyak perusahaan yang sudah besar dengan keuangan stabil dapat menjadi bangkrut hanya karena arus kas perusahaannya negatif karena kas perusahaan tertahan di pihak lain karena masih menjadi piutang.

Jadi jika seandainya nanti laporan pada arus kas ternyata negatif, Anda harus cepat-cepat ambil tindakan supaya kejadian serupa tidak Anda alami.

3. Siapkan dana darurat

Jangan lupa selalu siapkan dana darurat ketika hendak memulai usaha. Kesulitan dalam memulai usaha adalah mendapatkan order yang stabil di tiap bulannya.

Karena itu pentingnya dana darurat ini setidaknya siapkan untuk satu tahun kedepan jika nanti Anda tidak mendapatkan orderan masuk sama sekali. Hal ini bisa jadi antisipasi untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

Pentingnya Laporan Keuangan Dalam Bisnis

Dalam sebuah bisnis, laporan keuangan jadi hal yang sangat penting mengingat di dalam laporan nanti akan ada catatan transaksi bisnis yang dilakukan. Anda bisa buat laporan keuangan sederhana yang Anda sendiri mudah memahaminya.

Laporan keuangan sederhana ini bisa memuat harta, hutang dan juga modal. Buatlah laporan yang sesuai dengan pemahaman Anda sehingga Anda tahu berapa harta yang Anda miliki, hutang atau modal yang dimiliki apakah bertambah atau tidak. Laporan keuangan bisa dibuat per tiga bulan atau per bulan jika Anda mau.

Dengan perencanaan keuangan yang baik pastinya bisnis yang akan dimulai dapat berjalan dengan baik juga. Jadi diharapkan untuk merencanakan segalanya dengan baik tidak hanya keuangan saja tapi juga faktor-faktor lain yang berpengaruh dalam perkembangan bisnis itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )