Home » » Tips Menjahit Baju Tanpa Bantuan Mesin Jahit

Tips Menjahit Baju Tanpa Bantuan Mesin Jahit

Jika Anda saat ini merasa boros sebab membeli baju baru terus-terusan, maka salah satu cara untuk mengatasi hal itu adalah dengan menjahit baju sendiri.

Anda tidak perlu memiliki mesin jahit untuk membuat baju, karena menjahit sudah bisa dilakukan hanya dengan menggunakan tangan. Memang kedengarannya mustahil tapi hal itu benar-benar bisa diwujudkan.

Untuk Anda yang masih pemula dan ingin menjahit baju dengan mudah tentunya Anda bisa mencobanya nanti.

Menjahit baju sendiri tidak terlalu sulit bahkan baju apapun bisa dibuat dengan menggunakan tangan. Tapi sebelum proses tersebut dilakukan, ada baiknya alat-alat yang dibutuhkan harus disiapkan terlebih dahulu.

Siapkan Alat-Alat yang Dibutuhkan Sebelum Menjahit

Sebelum menjahit tanpa bantuan mesin jahit, ada beberapa alat yang harus dipersiapkan yaitu:

1. Kain

Anda perlu siapkan kain ketika akan menjahit nanti. Jenis kain sendiri sangat beragam jadi bisa Anda pilih sesuai selera dan kebutuhan.

Jika Anda masih pemula, lebih baik kain yang dipilih adalah kain lokal karena harganya jauh lebih murah. Atau jika ingin mencoba kain lain seperti beludru ataupun katun juga boleh-boleh saja.

2. Alat jahit esensial

Kedua, Anda juga perlu menyiapkan alat-alat jahit esensial seperti jarum jahit, benang, gunting, jaring pentul dan juga pengurai jahitan. Semua peralatan tersebut wajib disiapkan karena sangat penting sekali nanti.

3. Pen Cutter dan Cutting Mat

Jangan lupa juga untuk siapkan pen cutter dan cutting mat sebelum mulai menjahit. Pen cutter sendiri gunanya adalah untuk memotong kain sementara cutting mat gunanya sebagai alas jadi hasilnya akan jauh lebih akurat jika dibandingkan dengan menggunakan gunting yang biasa.

4. Pola pakaian

Anda juga akan sangat membutuhkan pola pakaian sebelum menjahit. Anda bisa buat sendiri pola tersebut dengan menggunakan kertas pola, pensil, penggaris, gunting kertas, rader atau pemotong dan kertas karbon.

Jika ada beberapa perlengkapan yang tidak Anda miliki di rumah saat ini silahkan beli terlebih dahulu. Jangan khawatir sebab perlengkapan tersebut akan selalu digunakan setiap kali proses menjahit atau membuat baju.

5. Meteran jahit

Beda dengan penggaris, meteran jahit dapat menekuk jauh lebih fleksibel. Meteran jahit cocok digunakan untuk mengukur lingkar tubuh. Anda akan sangat memerlukan meteran jahit meski saat ini sudah ada penggaris di rumah karena fungsi dari keduanya jauh berbeda.

6. Aksesoris

Jika Anda ingin membuat baju tampak lebih indah, jangan lupa siapkan beberapa aksen seperti manik-manik, renda, kancing, kerut, resleting dan lain-lain. 

Jika semua bahan tersebut sudah Anda siapkan dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah membuat baju. Anda bisa membuat baju dari nol atau bisa coba menerapkannya di baju yang robek nanti.

0 komentar:

Posting Komentar