Home » » Waspada Gangguan Jiwa Saat Penyebaran Virus Corona

Waspada Gangguan Jiwa Saat Penyebaran Virus Corona

Sampai detik ini wabah virus Corona belum juga berakhir. Bahkan setiap harinya pasien positif semakin bertambah. Tentunya hal tersebut menjadi permasalahan yang sangat genting, yang dikhawatirkan oleh semua orang. Bahkan banyak orang yang mengalami depresi akibat adanya wabah ini sebab memiliki kekhawatiran berlebihan. Sehingga menyebabkan tidak hanya fisik yang terserang, melainkan kejiwaan pun ikut terserang. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa tips untuk menghindari gangguan kejiwaan selama wabah corona. 

Waspada Gangguan Jiwa Saat Penyebaran Virus Corona

4 Tips Agar Terhindar dari Gangguan Jiwa Akibat Corona

Virus Corona ini dapat dicegah penularannya dengan berbagai macam cara seperti : rutin berolahraga, rutin bercuci tangan, makan makanan yang sehat, jaga jarak, jika bepergian menggunakan masker. Jika kejiwaan yang terganggu akibat adanya virus ini maka tips yang harus dilakukan untuk menghindarinya tidaklah sama. Berikut ini tips tepat agar terhindar dari gangguan kejiwaan akibat corona.

1. Tidak mudah percaya informasi

Tips menghindari sakit kejiwaan yang pertama akibat virus Corona adalah tidak percaya informasi yang ada dengan mudah. Sebab saat ini banyak sekali berita hoax terkait virus Corona ini. Sehingga jika  selalu percaya di setiap berita yang ada tentulah akan mengganggu kejiwaan anda. Oleh karena itu, teliti terlebih dahulu berita yang diterima dan jangan langsung percaya begitu saja.

2. Membatasi diri terhadap informasi yang melebih-lebihkan

Banyak sekali informasi terkait virus Corona yang berlebihan. Bahkan terkesan dibuat-buat sehingga siapapun yang mendengarkannya akan menjadi ketakutan. Boleh mewaspadai namun jangan khawatir berlebihan. Oleh sebab itu demi kesehatan jiwa sebaiknya membatasi diri terhadap informasi yang melebih-lebihkan dan mencari informasi dari sumber yang valid serta terpercaya.

3. Membatasi diri untuk tidak selalu menonton berita corona

Berita wabah virus Corona akan selalu tayang di media informasi televisi. Sehingga jika merasa tidak nyaman akan berita tersebut lebih baik menghindarinya agar tidak merusak jiwa. Semakin banyak menonton berita corona yang memakan banyak korban akan semakin depresi pula jiwa Anda. Oleh sebab itu sebaiknya jika ada berita tayang di televisi gantilah saluran Anda.

4. Lakukan relaksasi diri

Apabila telah menonton berita corona dan terasa khawatir menjadi meningkat atau pun menjadi sesak napas maka lakukanlah relaksasi diri. Tarik nafas panjang melalui hidung kemudian hembuskan nafas melalui mulut. Sangat wajar jika banyak yang merasa takut  dan stres sehabis mendengarkan berita virus Corona ini.

Demikianlah sahabat, tips yang bisa dilakukan agar jiwa tetap sehat saat berada dalam masak pandemi virus Corona saat ini. Musibah ini memanglah sangat mengkhawatirkan namun kita semua harus dapat mengontrol diri. Tetaplah waspada dan teruslah berhati-hati, seba virus ini harus kita lawan bersama agar cepat berakhir.

0 komentar:

Posting Komentar