Home » » Update Covid-19! Indonesia Tembus 10.551 Kasus Positif

Update Covid-19! Indonesia Tembus 10.551 Kasus Positif

Virus corona pada dasarnya merupakan salah satu bentuk “kado” yang datang menjelang tahun baru di beberapa waktu yang lalu. Virus ini diketahui berasal dari Wuhan, China dan kini telah menyebar ke sejumlah negara, termasuk Indonesia. Hingga hari ini kasus pasien yang dinyatakan positif corona terus bertambah. Data terakhir yang berhasil diperoleh menyebutkan bahwa kini kasus tersebut telah tembus di angka 10.551 kasus. Lalu apa yang menyebabkan terjadinya peningkatan kasus ini? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Update Covid-19! Indonesia Tembus 10.551 Kasus Positif

Penjelasan Pemerintah Terkait Melonjaknya Kasus Corona di Tanah Air

Sejak ditemukannya kasus pertama kali infeksi corona di beberapa bulan lalu, pemerintah telah dengan gencar melakukan berbagai upaya penanganan. Melalui tim khusus yang dibentuk, yaitu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, pemerintah berharap permasalahan infeksi corona dapat segera teratasi. Namun hingga hari ini perjuangan dalam menghadapi pandemi itu masih terus berlangsung. 

Tepat pada tanggal 1 Mei 2020, perwakilan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah menyampaikan data terbaru terkait penanganan kasus covid-19 di Indonesia. Berdasarkan data baru tersebut diketahui bahwa sebanyak 10.551 tercatat sebagai kasus positif di tanah air yang artinya ada peningkatan kasus sebesar 433 kasus. Tentunya angka terbilang besar, mengingat jarak antara waktu infeksi pertama dengan data terbaru yang diperoleh per tanggal 1 Mei 2020. 

Melalui kesempatan itu, tim penanganan kasus covid-19 ini juga menjelaskan bahwa dari 10.551 pasien yang dirawat hingga hari ini, total ada 1.591 pasien dinyatakan sembuh dan 800 pasien telah meninggal dunia. Tentunya hal ini memberikan warning tersendiri bagi masyarakat dalam membantu pemerintah untuk mempercepat proses penanganan kasus infeksi corona di Indonesia.

Oleh sebab itu, pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 juga menghimbau agar masyarakat turut serta membantu proses penanganan kasus covid-19 ini. Caranya sederhana, setiap anggota masyarakat diminta untuk mematuhi segala ketentuan maupun kebijakan yang telah diberlakukan. Misalnya tidak berada di tempat keramaian, menjaga jarak antara satu dengan yang lain, mengenakan masker jika harus ke luar rumah, serta mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. 

Perlu diingat bahwa penanganan kasus corona ini tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Khusus dari sisi perawatan pasien serta kebutuhan para tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan kasus tersebut. Oleh sebab itu, andil masyarakat dalam mematuhi aturan yang telah diberlakukan sangat diharapkan agar dapat meringankan beban negara.

Semakin banyak yang disadari dan mematuhi aturan yang diberlakukan, maka akan semakin kecil risiko infeksi terjadi. Dengan demikian beban negara dalam proses penanganan kasus ini pun menjadi lebih ringan. Ayo sama-sama berjuang dan berdoa agar pandemi covid-19 ini dapat segera usai, sehingga kita semua dapat kembali hidup seperti sedia kala.

0 komentar:

Posting Komentar