Home » » Gabut Setelah Sahur, Lakukan Kegiatan Positif ini Setelah Sahur

Gabut Setelah Sahur, Lakukan Kegiatan Positif ini Setelah Sahur

Sahur pada dasarnya menjadi salah satu aktivitas yang umum dilakukan di bulan ramadhan. Sahur dilakukan dengan tujuan untuk mempersiapkan diri agar dapat berpuasa optimal di siang harinya. Biasanya sahur dilakukan pada pukul 3 hingga 4 dini hari dan akan berakhir ketika adzan subuh berkumandang. Jika melakukan sahur lebih awal, maka sudah pasti akan masih ada waktu menjelang azan subuh tersebut. Bagi Anda yang bingung untuk berbuat apa setelah sahur, coba perhatikan penjelasan di bawah ini. 

Gabut Setelah Sahur, Lakukan Kegiatan Positif ini Setelah Sahur

5 Kegiatan Positif yang Dapat Dilakukan Setelah Sahur

Pada dasarnya waktu setelah sahur memang terbilang cukup banyak hingga azan subuh berkumandang, terlebih jika sahur dilakukan lebih awal. Tentunya waktu yang ada tersebut dapat dimanfaatkan dengan berbagai kegiatan positif. Berikut ini 5 kegiatan positif yang dapat dilakukan setelah sahur. 

1. Membaca Al-Qur’an

Kegiatan positif pertama yang dapat dilakukan adalah membaca al-qur’an. Mengingat bulan ramadhan memang erat kaitannya dengan al-qur’an, maka ada baiknya setelah sahur Anda lebih mendekatkan diri kepada al-qur’an. Sambung lah bacaan Anda yang telah dimulai sebelumnya, sehingga secara perlahan Anda pun dapat mengkhatamkan 30 juz al-quran selama ramadhan.

2. Menyelesaikan Pekerjaan 

Kegiatan kedua yang juga dapat dicoba adalah menyelesaikan pekerjaan. Jika memang terdapat beberapa pekerjaan yang tertunda penyelesaiannya, makan manfaatkanlah waktu setelah sahur ini untuk menyelesaikan. Sehingga dengan demikian Anda akan lebih siap untuk menghadapi dan menyelesaikan pekerjaan berikutnya. 

3. Mendengarkan Tausiah

Kegiatan ketiga ini, barangkali dapat dilakukan bersama dengan buah hati. Biasanya setiap sahur ramadhan acara televisi akan diselingi dengan tausiah. Manfaatkanlah moment itu untuk menambahkan ilmu agama yang Anda miliki serta memperkuat keimanan. Sehingga Anda lebih istiqomah dan kuat dalam menjalankan ibadah di bulan suci ramadhan. 

4. Berzikir Mengingat Allah

Kegiatan positif lainnya yang dapat dilakukan adalah berzikir mengingat Allah. Tentunya mengingat Allah memang menjadi suatu keharusan bagi muslim. Oleh karena itu, waktu luang yang ada ketika usai dari melaksanakan sahur dapat dimanfaatkan untuk berzikir. Lakukanlah zikir yang sesuai dengan kaidahnya dan memang ada dalam tuntunan ajaran islam. 

5. Berolahraga Ringan

Kegiatan positif kelima adalah berolahraga ringan. Selama berada dalam bulan puasa bukan berarti Anda menjadi malas dan enggan untuk berolahraga. Pasalnya kegiatan berolahraga juga akan membantu Anda untuk tetap fit selama berpuasa. Salah satu waktu terbaik untuk berolahraga adalah setelah sahur. Tentunya jenis olahraga yang dilakukan harus sesuai dengan kondisi Anda. 

Itulah tadi beberapa pilihan kegiatan positif yang dapat dilakukan setelah usai melaksanakan sahur. Tentunya walaupun melakukan salah satu atau beberapa dari kegiatan, maka janganlah sampai Anda terlalaikan dengan waktu subuhnya. Pastikan Anda tetap memperhatikan waktu yang berjalan, sehingga Anda dapat melaksanakan sholat subuh tepat pada waktunya.

0 komentar:

Posting Komentar