Home » » Tips Cerdas Mengatur Keuangan Selama Masa Pandemi

Tips Cerdas Mengatur Keuangan Selama Masa Pandemi

Mengatur keuangan di masa sulit seperti saat ini dimana pandemi Covid-19 memperburuk perekonomian memang luar biasa sulit. Banyaknya perusahaan yang kesulitan membayar gaji karyawan membuat sebagian diantaranya harus merumahkan karyawan hingga batas waktu yang tidak bisa ditentukan.

Sekalipun saat ini Anda masih bernasib baik, namun bisa jadi giliran Anda dirumahkan bisa terjadi. Maka perlu cermat dalam mengelola keuangan selama pandemi.

Tips Cerdas Mengatur Keuangan Selama Masa Pandemi

Mengatur Keuangan di Tengah Pandemi

Pandemi membuat beberapa post biaya muncul dari yang sebelumnya tidak pernah ada, misal biaya membeli masker maupun hand sanitizer. Jadi, keinginan untuk mengelola keuangan akan menghadapi tantangan lebih besar. Mengatasinya Anda bisa mencoba beberapa cara efektif berikut ini:

1. Mendahulukan Zakat

Pandemi di Indonesia memang terjadi di tengah bulan suci Ramadhan dan lebaran, tentunya ada beberapa pos pengeluaran baru. Salah satunya adalah biaya untuk zakat, yang wajib adalah zakat fitrah.

Dahulukan kewajiban ini untuk membayar zakat fitrah ini meskipun kondisi keuangan pribadi sedang sulit. Sebab zakat Anda akan membantu meringankan beban lebih banyak orang di masa pandemi.

2. Menabung Lebih Banyak

Tidak ada yang bisa menebak apa yang akan terjadi kedepannya, apalagi jika menyangkut masalah finansial. Adanya pandemi akan memperparah keadaan dan memberi resiko terjadi hal buruk lebih besar. Oleh sebab itu tidak adalah jika dianjurkan untuk menabung lebih banyak. Caranya tentu saja dengan hidup lebih hemat agar dana yang tersisa untuk ditabung bisa lebih besar dari biasanya.

3. Hindari Hutang Kebutuhan Konsumtif

Mengajukan pinjaman atau berhutang terdengar seperti kabar baik di tengah pandemi karena bisa memberi dana segar di kantong. Hanya saja hindari mengajukan pinjaman untuk kebutuhan konsumtif kecuali untuk kebutuhan krusial. Pastikan hutang ini bermanfaat untuk membantu menghadapi pandemi bukan malah memperburuk keadaan.

4. Prioritaskan Semua Tagihan

Semua orang dijamin memiliki tagihan, dan tagihan merupakan pos pengeluaran yang layak diprioritaskan. Selama masa pandemi ada baiknya untuk memprioritaskan tagihan rutin ini. Sehingga bisa mendapatkan waktu yang nyaman tanpa dikejar penagih dari berbagai tagihan yang tertunggak.

5. Mencari Bisnis Sampingan

Ada kemungkinan kondisi keuangan selama pandemi akan lebih parah, apalagi jika sampai terkena PHK. Oleh sebab itu saat kondisi masih terkendali dan baik-baik saja pertimbangkan mencari bisnis sampingan. Dana dari bisnis ini bisa dialihkan ke tabungan atau dana darurat, bisa pula dipakai untuk kebutuhan krusial yang tidak tercover oleh gaji bulanan dari kantor.

Mengatur keuangan dengan baik tidaklah terlalu sulit meskipun situasi pandemi memberi kekhawatiran lebih tinggi dari biasanya. Mempermudah Anda untuk mengatur keuangan agar lebih aman selama pandemi belum menunjukan tanda akan berakhir. Yakni dengan melakukan beberapa tips di atas, jadi silahkan mencobanya.

0 komentar:

Posting Komentar