Home » » Mana Dulu; Puasa Daud, Senin Kamis, Atau Hutang Puasa Ramadhan

Mana Dulu; Puasa Daud, Senin Kamis, Atau Hutang Puasa Ramadhan

Selepas bulan suci Ramadhan, seluruh umat muslim akan berlomba-lomba menunai pahala di bulan Syawal. Salah satunya dengan menunaikan ibadah puasa sunnah, yakni puasa 6 hari di bulan Syawal tersebut. Namun banyak yang bertanya-tanya puasa sunnah mana yang perlu didahulukan? Yakni antara puasa Syawal, puasa daud, dan utang puasa Ramadhan.

Mana Dulu; Puasa Daud, Senin Kamis, Atau Hutang Puasa Ramadhan

Mana Puasa Sunnah yang Perlu Didahulukan?

Buya Yahya selaku Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah (LPD) Al Bahjah, memberi jawaban. Bahwa bagi siapa saja yang ingin menjalankan puasa Daud maupun puasa untuk membayar hutang puasa Ramadhan, maka niatnya adalah mengganti puasa Ramadhan tersebut.

Sehingga lebih dianjurkan dan diutamakan untuk melunasi dulu hutang puasa Ramadhan, karena hukumnya wajib. Tidak harus puasa sepanjang minggu sebagaimana jumlah hutang puasa yang dimiliki.

Namun bisa dibuat seperti puasa Daud, yakni sehari puasa dan sehari berbuka hingga hutang puasanya lunas. Tentunya dengan niat untuk mengganti puasa Ramadhan tadi.

Beliau juga menjelaskan mengenai keutamaan dari menjalankan ibadah puasa Daud, karena termasuk ibadah yang disukai oleh Allah SWT. Jika memang memungkinkan untuk menunaikan ibadah puasa sunnah ini, maka bisa rutin menjalankannya. Begitupun dengan puasa sunnah lainnya, termasuk puasa Senin Kamis.

Bisakah Puasa Daud Digabung dengan Senin Kamis?

Jenis puasa sunnah ada beberapa, dimulai dari puasa Senin Kamis, puasa Daud, dan puasa pertengahan bulan atau ayyamul bidh. Beberapa umat muslim menanyakan perihal menunaikan ibadah puasa sunnah antara Daud dan Senin Kamis. Apakah memang bisa digabungkan?

Berhubung keduanya adalah puasa sunnah, maka ketika mampu menunaikannya bersamaan tentu dipersilahkan. Skemanya adalah Senin puasa Daud, Selasa berbuka, Rabu puasa Daud, dan Kamis puasa sunnah hari Kamis.

Tentunya amalan yang digabungkan ini perlu memperhatikan kondisi badan, jika memang mampu dipersilahkan dan jika sebaliknya maka perlu memilih salah satunya.

Sebab sebaik-baiknya amalan adalah yang bisa dijalankan secara kontinyu, dan hal ini berlaku untuk ibadah puasa sunnah. Hindari memaksa tubuh menjalani puasa sepanjang minggu sehingga mengorbankan hak tubuh untuk mendapatkan nutrisi dan sebagainya. Sehingga pahala dari ibadah puasa sunnah bisa didapatkan dan tidak menyebabkan dosa.

Namun, apabila merasa tidak mampu menggabungkan antara puasa Daud dengan puasa Senin Kamis. Dianjurkan untuk memilih salah satunya kemudian dijalankan kontinyu, yakni memilih apakah menjalankan puasa Daud saja atau Senin Kamis saja. Tentunya pilihan setiap orang berbeda-beda karena perlu disesuaikan kondisi tubuh.

Berpuasa memang menjadi jenis ibadah yang disukai oleh Allah SWT dan dijanjikan masuk syurga serta menerima pahala besar. Hanya saja dalam Islam tidak ada ibadah yang memberatkan umatnya untuk menunaikan.

Termasuk untuk puasa sunnah, sehingga bisa dijalankan sesuai kemampuan dan sebelum menjalankan ibadah ini sebaiknya membayar hutang puasa Ramadhan terlebih dahulu.

0 komentar:

Posting Komentar