Home » » Daftar Sektor Industri yang Paling Terdampak Covid-19

Daftar Sektor Industri yang Paling Terdampak Covid-19

Penyebaran virus corona atau Covid-19 memang sejak awal sudah diprediksi akan memperlambat pertumbuhan ekonomi. Bahkan berpotensi untuk mematikan sektor perekonomian suatu negara atau dunia. Dampak finansialnya semakin terasa ketika jumlah industri memutuskan gulung tikar sebagai efek pandemi. 

Daftar Sektor Industri yang Paling Terdampak Covid-19

Industri yang Paling Terdampak Covid-19

Industri tertentu mengalami dampak paling signifikan, tidak sedikit yang kemudian gulung tikar dan meningkatkan jumlah pengangguran dengan kebijakan PHK. Apa saja industri yang paling terdampak Covid-19 ini? Berikut beberapa diantaranya: 

1. Industri Penerbangan

Industri pertama yang sangat terdampak Covid-19 adalah industri penerbangan. Sebab dengan adanya pandemi praktis terjadi pembatasan skala besar untuk bepergian, apalagi naik pesawat. Sejak pandemi melanda sudah banyak maskapai penerbangan yang berhenti menyediakan layanannya, hal ini sejalan dengan ditutupnya bandara di Indonesia dan di seluruh dunia. 

2. Industri Transportasi

Masih berhubungan dengan industri penerbangan, yakni industri transportasi secara umum. Paling terdampak adalah industri transportasi darat baik itu angkutan umum seperti angkutan kota, bus, dan semacamnya. Meskipun angkutan kota masih beroperasi namun mobilitas masyarakat berkurang drastis. Akibatnya pemasukan sopir angkot juga berkurang signifikan dan terancam tidak dapat beroperasi kembali. 

3. Industri Hiburan 

Industri hiburan juga tercatat sebagai industri yang paling terdampak pandemi, karena mobilitas masyarakat berkurang. Anjuran berdiam di rumah membuat tempat-tempat hiburan seperti bioskop, karaoke, mall, dan semacamnya tutup. Khususnya untuk industri hiburan yang berpotensi memicu keramaian seperti mall. 

4. Industri Restoran

Tidak hanya industri transportasi dan hiburan saja, industri restoran atau rumah makan juga terdampak paling signifikan. Mobilitas masyarakat yang sangat dibatasi selama pandemi membuat kunjungan ke tempat makan berkurang drastis Selain itu banyak yang harus berhemat sehingga memilih masak sendiri di rumah. 

5. Industri Tempat Wisata

Terbatasnya ruang gerak masyarakat selama pandemi juga memukul industri tempat wisata. Sudah sejak beberapa bulan lalu berbagai tempat wisata resmi ditutup karena berpotensi menyebabkan keramaian. Apalagi belajar dari kasus ketika awal sekolah diliburkan banyak yang berlibur dibanding berdiam di rumah. 

6. Industri Perhotelan

Saat industri penerbangan terhenti dan berbagai tempat wisata ditutup maka akan mempengaruhi industri perhotelan. Hotel banyak yang mati suri dan beberapa memutuskan untuk tutup hingga batas waktu yang tidak bisa ditentukan. Sebab tidak akan ada yang menggunakan jasa hotel, baik untuk menginap maupun menyewa ruang atau gedung pertemuan selama pandemi. 

Ada banyak industri yang terpukul selama pandemi, tidak sedikit yang kemudian menyerah dan memutuskan untuk gulung tikar. Inilah alasan pemerintah selalu menghimbau bagi pelaku industri di bidang apapun untuk melakukan antisipasi sejak dini. Pemulihan pun tidak bisa berlangsung cepat, sehingga pelaku industri terkait harus punya antisipasi yang tepat selama beberapa bulan mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar