Home » » Inilah 5 Manfaat Susu Kurma Selama Puasa

Inilah 5 Manfaat Susu Kurma Selama Puasa

Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di Indonesia dan juga dunia. Pada bulan suci ini, kegiatan puasa wajib akan ditunaikan umat Islam selama sebulan penuh. Supaya bisa maksimal berpuasa maka dianjurkan untuk menjaga pola makan dengan benar, baik saat sahur maupun ketika berbuka. 

Inilah 5 Manfaat Susu Kurma Selama Puasa

Manfaat Susu Kurma Selama Puasa

Banyak yang menganjurkan umat muslim untuk berbuka dengan dengan kurma, sebab selain menyehatkan juga merupakan sunnah Rasulullah SAW. Selain dimakan langsung saat berbuka, kurma juga bisa dibuat susu. Yakni merendam beberapa buah kurma ke dalam air lalu diblender dengan susu UHT. 

Rupanya minum susu kurma secara teratur selama menjalankan ibadah puasa sangat bermanfaat. Adapun manfaatnya untuk kesehatan adalah: 

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pertama yang bisa didapatkan jika rutin minum susu kurma selama menjalankan ibadah puasa adalah bisa membantu memiliki jantung yang sehat. Semua orang tentu tahu betul fungsi vital organ jantung dalam menopang kehidupan seseorang. 

Sayangnya organ jantung sering didera masalah kesehatan, dimulai dari hipertensi sampai jantung koroner. Supaya tetap nyaman berpuasa dan memiliki jantung kuat serta sehat. Maka bisa rutin minum susu kurma, sebab didalamnya terkandung kalium yang membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung. 

2. Mengatasi dan Mencegah Sembelit

Saat menjalankan ibadah puasa ada kalanya kesulitan untuk mendapatkan asupan bernutrisi. Sehingga lebih sering kekurangan serat yang berimbas pada masalah pencernaan, terutama sembelit. Mengatasinya Anda bisa rutin minum susu kurma baik saat sahur maupun berbuka. 

Susu kurma rupanya mengandung serat yang cukup tinggi yang nantinya membantu melancarkan pencernaan. Sehingga rutin meminumnya bisa mencegah sembelit sekaligus mengatasinya jika sudah terlanjur dialami. 

3. Membantu Memperkuat Tulang dan Gigi 

Berkat tulang dan gigi yang kuat dan sehat maka seseorang bisa beraktivitas dengan baik dan nyaman. Supaya bisa mendapatkannya dianjurkan memperbanyak asupan tinggi kalsium selama berpuasa. Salah satu sumber kalsium adalah susu kurma, yang membantu menjaga kekuatan tulang dan gigi secara alami. 

4. Baik untuk Sistem Saraf 

Minum susu kurma saat berbuka puasa setelah seharian tidak makan dan minum efektif menjaga kesehatan sistem saraf. Sebab di dalam susu kurma terkandung Vitamin E, natrium, dan juga kalium yang baik untuk sistem saraf. 

5. Mencegah Anemia 

Saat menjalankan ibadah puasa tidak sedikit yang mengeluhkan anemia, yakni kondisi tubuh yang kekurangan zat besi. Agar terhindar dari masalah kesehatan ini silahkan minum susu kurma saat berbuka. Sebab susu kurma diketahui mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga efektif mencegah anemia selama berpuasa. 

Sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa sebulan penuh sangat mungkin untuk dilakukan. Apalagi jika rutin minum susu kurma saat berbuka ataupun saat sahur, sebab memberikan banyak manfaat bagi kesehatan seperti uraian di atas. Jadi, silahkan mulai teratur meminumnya.

0 komentar:

Posting Komentar