Home » » Benarkah Segel Plastik Membuat Minuman Kemasan Lebih Aman?

Benarkah Segel Plastik Membuat Minuman Kemasan Lebih Aman?

Air memang menjadi kebutuhan pokok bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Konsumsi air tidak hanya dengan merebusnya sendiri di rumah namun bisa pula melalui air minum dalam kemasan. Baik itu dalam gelas plastik maupun botol, dan khusus untuk kemasan botol biasanya akan dijumpai segel plastik sebagai penanda jika produk tersebut masih baru. Namun, adanya segel dari bahan plastik ini apakah tergolong aman?

Benarkah Segel Plastik Membuat Minuman Kemasan Lebih Aman

Segel Plastik pada Minuman Kemasan, Amankah? 


Kebanyakan orang tidak pernah sampai bertanya mengenai aman tidaknya penambahan segel plastik pada minuman dalam botol. Sebab orang akan berpikir bahwa adanya segel plastik menunjukan kualitas air dalam kemasan tersebut terjaga dengan baik. Namun fakta di lapangan ternyata mengejutkan. 

Melalui berbagai penelitian mengenai segel plastik ini diketahui bahwa keberadaannya tidak berbeda jauh ketika botol plastik tidak dilengkapi segel. Artinya risiko air terkontaminasi meskipun ada segel plastik sama tingginya ketika kemasan botol tidak dilengkapi segel ini. Hasil penelitian ini diperkuat oleh pernyataan yang disampaikan oleh FDA (Food and Drugs Administration). 

FDA memberi pernyataan bahwa untuk menjaga kualitas air di dalam kemasan plastik, tidak membutuhkan segel plastik pada bagian tutup botol. Kualitas air akan tetap terlindungi oleh kemasan botol plastik itu sendiri. Sekaligus akan lebih terjaga ketika produsen melengkapi kemasannya dengan cincin atau tamper evident band. 

Dijelaskan pula keamanan air dalam kemasan akan lebih terjaga ketika ada pemasangan kunci antara tutup botol dengan cincin yang disebutkan tadi. Hanya saja karena satu dan lain hal, sampai detik ini produsen air minum dalam kemasan di Indonesia masih mempergunakan segel plastik. Sebab kebanyakan masyarakat lebih merasa aman minum air kemasan jika ada segel plastiknya. 

Bahaya dari Segel Plastik 


Penggunaan segel plastik pada air dalam kemasan memang tidak memberi efek perlindungan kualitas. Selain itu diketahui pula adanya segel dari material plastik ini justru memicu  berbagai bahaya. Seperti: 

1. Mencemari Lingkungan 

Perlu diakui bahwa sampah plastik menjadi PR besar bagi dunia, karena memang mencemari kesehatan lingkungan. Ada ratusan ton sampah plastik dihasilkan setiap harinya, dan besar kemungkinan beberapa berasal dari segel plastik pada produk air dalam kemasan. 

2. Sulit untuk Didaur Ulang 

Segel plastik pada produk air dalam kemasan terbuat dari bahan PVC yang memiliki partikel kecil dan sulit diurai. Sehingga ketika menumpuk tidak hanya mencemari lingkungan namun juga berpotensi merusak ekosistem di sekitarnya. 

Meskipun di Indonesia sendiri belum ada larangan mengenai penggunaan segel plastik pada minuman dalam kemasan botol. Namun sejumlah perusahaan yang memproduksi air dalam kemasan mengikuti standar internasional. Yakni dengan tidak menggunakan segel plastik lagi pada produknya sebagai upaya untuk berkontribusi menjaga kesehatan lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar