Home » » Penyebab Sering Pusing dan Mual Saat di Depan Komputer

Penyebab Sering Pusing dan Mual Saat di Depan Komputer

Anda seorang pekerja di bidang IT atau memiliki pekerjaan yang mengharuskan berada di depan layar komputer seharian? Apakah saat ini Anda sering merasakan keluhan seperti kepala pusing dan perut mual? Kondisi ini tentu sangat mengganggu aktifitas kerja, sehingga Anda harus segera mencari solusinya.

Penyebab Sering Pusing dan Mual Saat di Depan Komputer

Penyebab dan solusi sakit kepala dan mual bekerja di depan komputer

Komputer atau laptop sudah menjadi perangkat utama untuk banyak pekerjaan, baik online maupun offline. Bahkan sekarang ini, para pelajar juga sudah dibiasakan mengoperasikan sebuah laptop dalam mengerjakan tugas-tugasnya.

Akan tetapi, kebiasaan menatap monitor komputer selama berjam-jam ternyata tidak baik untuk kesehatan mata. Beberapa masalah yang muncul biasanya dipicu oleh sindrom penglihatan komputer (computer vision syndrome) dengan ditandai keluhan di area mata hingga kepala. Bahkan adapula yang merasa terlalu pusing hingga perut terasa mual.

Berikut ini tips mengatasi pusing dan mual saat menatap monitor komputer:

1. Atur pencahayaan layar komputer

Cek pengaturan pencahayaan pada komputer dan sesuaikan agar dirasa pas. Apabila terlalu terang, mata akan lebih mudah sakit. Sebaliknya, pencahayaan terlalu redup juga bisa menyebabkan sakit kepala.

2. Atur pencahayaan ruangan

Selain cahaya yang dikeluarkan melalui layar komputer, pencahayaan di ruang kerja juga berpengaruh pada kenyamanan mata. Pastikan kondisinya cukup sesuai agar Anda dapat merasa nyaman saat bekerja di depan layar. Kombinasikan dengan pencahayaan alami yang dari jendela.

3. Perbaiki postur  tubuh

Postur tubuh yang tegang juga bisa menyebabkan rasa sakit di kepala. Usahakan untuk lebih rileks serta atur jarak pandang mata dengan layar, sekitar 50-60 cm. Upayakan agar lengan tidak menempel pada keyboard serta punggung mendapatkan sandaran yang pas.

4. Istirahat sejenak

Jangan paksakan mata untuk menatap layar terlalu lama. Istirahatkan setiap 20 atau 30 menit sekali. Sering-seringlah berkedip agar mata tidak kering. Ambil nafas panjang dan coba alihkan pandangan sementara ke hal lain, misalnya pemandangan pepohonan hijau di luar jendela. Lakukan gerakan-gerakan ringan untuk meregangkan otot, terutama bagian leher dan punggung. Cukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih selama bekerja di depan layar.

5. Pakai kacamata filter

Kacamata dengan filter dapat membantu menyaring cahaya biru yang dipancarkan layar komputer. Dengan mengenakan kacamata tersebut, Anda dapat mengurangi intensitas cahaya yang membuat mata tegang.

6. Konsumsi obat bila perlu

Apabila rasa sakit di kepala masih belum berkurang, Anda dapat mengkonsumsi obat pereda sakit kepala yang bisa diperoleh di apotik-apotik terdekat.  Namun, jika gejala berlanjut, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Keluhan sakit kepala dan mual ternyata tidak hanya dialami oleh mereka yang berjam-jam menatap layar komputer. Kondisi yang sama juga bisa dirasakan saat menggunakan gadget seperti smartphone. Itu artinya, baik orang dewasa maupun anak-anak, dapat mengalami gangguan berupa sakit kepala dan rasa ingin muntah setelah menatap layar handphone atau komputer dalam waktu yang lama.

0 komentar:

Posting Komentar