Home » » Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca di Hp Android

Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca di Hp Android

Jika Anda memiliki sebuah smartphone, tentu saja Anda akan meamerlukan yang namanya kartu tambahan atau memory card untuk smartphone Anda. Memori meamng sangat penting sebab beberapa smartphone hanya memiliki kapasitas penyimpanan yang sedikit jadi perlu ada tambahan memory card atau memori eksternal.

Tapi apa jadinya jika kartu yang kita beli tidak bisa dibaca oleh smartphone Android kita? Tentu saja kejadian seperti ini akan sangat menjengkelkan. Tapi Anda harus mengatasinya supaya kartu memori yang Anda beli tidak akan sia-sia. 

Kartu memori terkadang bisa muncul sebuah peringatan format memori pada saat akan dimasukkan ke pc. Tapi caar mengatasi kartu memori yang sudah terformat akan jauh lebih mudah.

Cara Mudah Mengatasi Memory Card yang tidak Terbaca

Hp android memang kerap mengalami masalah salah satunya tidak bisa membaca memory card. Penyebabnya pun beragam dan pastinya efek dari kejadian ini akan sangat menjengkelkan. Karena itu, sebaiknya atasi memory card yang tidak bisa terbaca di hp android Anda dengan beberapa cara berikut ini:

1. Bersihkan Memory Card Anda

Cara mudah yang pertama untuk Anda yang ingin mengatasi permasalahan seperti memory card tidak terbaca adalah bersihkan SD Card Anda. Keluarkan kartu memori dari slot penyimpanannya. Kemudian, Anda bersihkan dulu tembaga yang ada pada slot kartu memori dengan karet penghapus. Untuk penghapus yang digunakan adalah penghapus putih. 

Bersihkan slot memori hp Anda dengan perlahan-lahan saja. Jangan terlalu keras karena ini hanya akan menimbulkan masalah lain. Kemudian, jika sudah bersih Anda bisa masukkan kartu memori ke hp android Anda dan lakukan pengecekan.

2. Format Memory Card

Jika dengan cara pertama memory card Anda masih tidak bisa terbaca di hp Android, maka Anda bisa gunakan cara yang kedua yaitu format kartu memory Anda. Caranya mudah sekali, tinggal buka menu pengaturan, cari menu pengaturan lain, klik penyimpanan baru tekan hapus kartu SD. 

3. Menggunakan laptop atau komputer

Anda juga bisa atasi memory card yang tidak terbaca di hp android dengan bantuan laptop atau komputer. Caranya, backup semua data dan file yang ada di kartu memori ke hard disk PC. Kemudian, lakukan pemformatan. Tunggu dulu sampai prosesnya selesai. Baru kemudian kembalikan data yang sudah di back up ke sd card Anda. Dan cek di ponsel apakah sudah terbaca atau masih belum terbaca.

Memory card memiliki beberapa komponen yang memang sensitif. Jadi Anda harus jaga dengan sebaik mungkin. Dan sebaiknya hati-hati dengan tembaga berwarna kuning yang ada pada slot memory card. Karena ini adalah alat yang akan membaca konten yang ada di SD Card Anda.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )