Home » » 7 Persiapan untuk Mensukseskan Kegiatan Marketing

7 Persiapan untuk Mensukseskan Kegiatan Marketing

Kegiatan pemasaran atau marketing memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap kegiatan bisnis. Oleh sebab itu tidak ada bisnis yang tidak menjalankan kegiatan tersebut, karena memang tidak ada pebisnis yang ingin cepat-cepat gulung tikar. Tujuan marketing ini jelas, untuk memasarkan produk dan perusahaan itu sendiri. Namun tekniknya harus tepat dan diusahakan efektif.

Persiapan Sebelum Menjalankan Kegiatan Marketing 

Supaya kegiatan marketing yang diterapkan memberikan efektivitas yang memuaskan, maka jangan sepelekan pentingnya persiapan. Berikut beberapa hal yang sebaiknya dilakukan sebelum pemasaran dilakukan: 

1. Menyiapkan Produk atau Jasa Sebaik Mungkin 

Persiapan pertama tentu saja menyiapkan produk maupun jasa yang akan dipublikasikan. Penyiapan produk ini meliputi banyak aspek dimulai dari nama produk atau brand produk tersebut. Kemudian dari segi kualitas, prospek pasarnya seperti apa, dibutuhkan oleh konsumen seperti apa, dan juga packaging-nya. 

2. Mempelajari Teknik Marketing 

Berikutnya adalah mempelajari mengenai teknik marketing karena memang pilihannya sangat banyak. Media pemasaran pun bisa online bisa offline, yang tentu perlu dipelajari satu per satu. Baru kemudian memutuskan teknik marketing mana yang akan digunakan karena dinilai paling sesuai. 

3. Menentukan Target Pasar 

Memasarkan produk maupun jasa juga perlu menentukan siapa target pasarnya. Target pasar dilihat dari karakter produk dan jasa yang disediakan. Misalnya ingin menyediakan jasa katering, maka target pasarnya adalah para calon pengantin, usaha EO, dan sebagainya. 

4. Menetapkan Harga 

Menetapkan harga juga termasuk persiapan sebelum menjalankan kegiatan pemasaran atau marketing. Menentukannya sendiri bisa gampang bisa juga susah. Menjadi susah jika ingin meraih keuntungan besar namun dari segi kualitas terbilang standar. Menjadi susah juga ketika keuntungannya kecil namun kompetitor sangat banyak, sehingga perlu bijak dalam mengikuti harga pasar. 

5. Menentukan Tempat dan Media Pemasaran 

Persiapan selanjutnya adalah menentukan tempat atau media untuk kegiatan pemasaran tersebut. Hal ini penting untuk ditentukan sejak awal, supaya bisa menentukan teknik apa saja yang sesuai. Selain itu masing-masing tempat tentu punya karakter khas. Jika memasarkan secara online maka perlu menyiapkan sosial media dan website, sebaliknya. Jika dilakukan secara offline maka perlu menyiapkan lokasi, brosur, dan sebagainya. 

6. Mempelajari Kompetitor 

Sebelum memasarkan suatu produk maupun jasa, ada baiknya mempelajari juga apa yang dilakukan oleh kompetitor. Hal ini penting untuk memastikan teknik pemasaran yang dilakukan terbilang baru, unik, dan lebih menarik dari kompetitor. 

7. Menggandeng Mitra 

Kegiatan marketing tentu sulit untuk dilakukan seorang diri, oleh sebab itu penting untuk menggandeng mitra. Misalnya saja menggunakan jasa pemasaran yang biasanya ditangani oleh tim profesional. Bisa juga menggunakan jasa influencer, ketika fokus memasarkan bisnis di sosial media. 

Persiapan di atas tentu memberi kemudahan untuk mensukseskan kegiatan pemasaran. Oleh sebab itu, pertimbangkan untuk melakukan persiapan-persiapan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )