Home » » Keuangan Perlu Dikelola dengan Baik Agar Bisnis Dapat Berkembang

Keuangan Perlu Dikelola dengan Baik Agar Bisnis Dapat Berkembang

Mengelola keuangan dalam sebuah bisnis ternyata tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Apalagi keuangan adalah jantung sebuah usaha.

Keadaan keuangan dapat menjadi tolak ukur apakah sebuah usaha sudah mendapatkan keuntungan atau malah merugi.

Usaha apapun yang dijalankan baik dalam skala yang kecil tentu harus memikirkan kondisi keuangan usaha. Karena itu, jika Anda pelaku usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Anda harus pikirkan bagaimana cara memanajemen keuangan supaya langkah ke depan yang diambil bisa tepat.

Anda harus bisa pikirkan bagaimana cara mengelola keuangan dengan benar. Jadi Anda bisa kendalikan usaha Anda dengan baik nanti.

Cara Mengelola Keuangan yang Benar Bagi UMKM

Ada banyak cara yang dapat dilakukan UMKM jika ingin mengelola keuangannya dengan baik. Dan berikut ini akan dijabarkan beberapa cara mengelola keuangan yang benar untuk usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

1. Lakukan pemisahan terhadap uang pribadi dengan usaha

Hampir semua pelaku usaha mikro, kecil dan menengah berpikir jika tidak harus melakukan pemisahan terhadap uang pribadi dengan uang usaha karena usaha yang mereka jalankan masih kecil. Padahal, jika mencampur uang pribadi dan usaha, tentu akan menimbulkan masalah nanti.

Mereka yang menggabungkan uang usaha dengan uang pribadi akan kebingungan dalam menentukan mana pengeluaran untuk pribadi dan bisnis. Bahkan ini juga akan membuka peluang yang besar untuk pelaku usaha dalam memakai uang tersebut demi kepentingan pribadi.

2. Melakukan penganggaran dengan bijak

Anda harus bisa melakukan perencanaan keuangan karena ini krusial bagi kemajuan sebuah bisnis. Tanpa rencana yang jelas, Anda tidak akan tahu nanti berapa uang yang akan dikeluarkan kedepannya.

Bahkan, meski Anda tidak punya modal yang lebih, Anda tetap harus buat perencanaan anggaran supaya pengeluaran yang dilakukan dapat dialokasikan ke pos-pos yang tepat.

Perencanaan anggaran yang tidak baik, dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. Terlebih lagi kesalahan yang dilakukan ini juga dapat membuat pengeluaran jadi semakin banyak dan tidak bisa dikontrol lagi.

Hindari pengeluaran yang tidak perlu demi kelangsungan usaha Anda. Buat daftar prioritas dan anggaran lebih dulu segala sesuatu yang akan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis Anda.

3. Buat catatan kecil 

Jika ingin usaha yang dijalankan berkembang pesat, Anda harus catat transaksi-transaksi yang dilakukan. Karena dalam bisnis, Anda tidak bisa hanya mengandalkan ingatan saja.

Buat catatan kecil yang berisikan transaksi-transaksi yang dilakukan. Dengan begitu, Anda akan tahu bagaimana pergerakan keuangan bisnis Anda.

4. Siap sedia dana cadangan

Dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis, terkadang pebisnis harus memiliki dana cadangan untuk keadaan darurat yang bisa saja datang secara tiba-tiba. 

Contohnya saja saat ada piutang yang jumlahnya besar tapi sudah jatuh tempo karena ada masalah yang berasal dari pelanggan. Padahal saat itu Anda harus mencairkan piutang karena ingin memasok barang. Akhirnya Anda harus menundanya dan ini tentu akan membuat perputaran bisnis Anda terganggu.

Melakukan pengelolaan keuangan dalam bisnis sangat penting meski usaha yang Anda jalani termasuk usaha kecil. Karena keuangan yang baik akan membuat bisnis dapat berkembang dan maju.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )