Home » » Cara Menjadi Publik Speaking yang Jago dan Sukses

Cara Menjadi Publik Speaking yang Jago dan Sukses

Setiap orang pasti ingin jago dalam melakukan public speaking. Karena dengan memiliki skill ini, tentu dapat membuat rasa percaya diri lebih meningkat.

Sebelum mengetahui tips menjadi public speaking yang sukses, Anda harus paham dulu dengan tujuan dari komunikasi. Komunikasi tujuannya adalah menyampaikan maksud. 

Jadi komunikasi bukanlah apa yang disampaikan tetapi apakah maksud yang ingin disampaikan dapat diterima oleh audience.

Dengan memiliki kemampuan dalam public speaking yang baik, tentu ini akan memudahkan Anda dalam menyampaikan maksud pada saat berkomunikasi. Kemampuan ini juga akan membantu dan mendukung karir Anda kedepannya.

Jago public speaking tidak sekedar karena bakat tapi setiap orang bisa melakukan hal ini dengan baik. Jadi Anda yang tidak berbakat dalam public speaking pun bisa melakukannya asalkan tahu tips jago public speaking.

Tips Menjadi Public Speaking Supaya Jago

Ada banyak sekali tips untuk Anda yang saat ini tertarik menjadi public speaking yang jago dan sukses. Anda bisa coba ikuti beberapa tips ini dan coba liat hasilnya nanti.

1. Belajar komunikasi dengan spontan

Tips pertama adalah Anda harus belajar komunikasi dengan spontan. Spontanitas ini diperlukan pada saat sedang rapat di kantor atau melakukan diskusi kelompok. Jangan sekali-sekali menghapal karena komunikasi tidak membutuhkan itu.

Setiap orang bisa jadi spontan tapi bukan tentang spontan dengan pembicaraan yang ngelantur. Anda harus berbicara dengan pola yang terstruktur. Dan bahasa yang digunakan juga harus jelas dan benar. 

Karena pada saat berbicara atau berkomunikasi, Anda tetap harus ingat tujuan dari komunikasi yaitu menyampaikan maksud  agar dimengerti oleh audience.

2. Membuat poin penting yang akan disampaikan nanti

Sebelum berbicara di depan orang banyak, ada baiknya tulis poin-poin penting yang akan disampaikan nanti daripada Anda harus menghafal semua naskah lalu dibacakan di depan publik.

Dengan membuat poin-poin kemudian kita jelaskan poin demi poin secara spontan, maka tentu pembicaraan yang kita lakukan akan jauh lebih alami sehingga audience pun akan dengan mudah menangkap apa isi pembicaraan yang kita lakukan.

3. Berinteraksi dengan audience

Jika Anda ingin menjadi public speaking yang handal, Anda harus bisa berinteraksi dengan audience. Karena harus terjadi interaksi 2 arah jika ingin komunikasi tersebut berhasil.

Anda bisa mengajak audience agar turut maju kedepan kemudian buatlah contoh kecil agar maksud yang Anda sampaikan dapat dimengerti dengan baik oleh audiens Anda.

4. Jangan lupa sisipkan humor kecil

Dalam berkomunikasi, tidak ada salahnya untuk sisipkan humor kecil demi mencairkan suasana yang tegang. Meski pembicaraan yang dilakukan berat, tapi humor tetap diperlukan supaya energi Anda dan audience meningkat kembali.

Tapi perhatikan juga, humor harus dipilih sesuai dengan audience. Pilihlah humor tanpa harus menyudutkan seseorang atau golongan tertentu.

Menjadi public speaking yang jago dan sukses adalah impian banyak orang. Anda bisa coba beberapa tips di atas kemudian praktekkan dan lihat hasilnya.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )