Home » » Bagian-Bagian di Microsoft Excel yang Wajib Dipelajari

Bagian-Bagian di Microsoft Excel yang Wajib Dipelajari

Seperti halnya di microsoft word yang memiliki banyak bagian di dalamnya, microsoft excel ini juga memilikinya. Microsoft excel adalah software pengolah angka yang wajib dipelajari terutama untuk orang-orang yang bekerja dengan menggunakan komputer.

Sebelum mempelajari microsoft excel lebih jauh, ada baiknya kenali dulu bagian-bagian yang ada di microsoft excel. Kamu juga harus tahu fungsi-fungsinya supaya bisa menggunakannya nanti.

Bagian-bagian Microsoft Excel Serta Fungsinya

Perlu diketahui jika microsoft excel memiliki beberapa bagian termasuk menu dan lembar kerja. Baik di microsoft office 2003 sampai yang terbaru 2016, tampilan microsoft excel tidak jauh berbeda. Berikut ini bagian-bagian menu di Microsoft Excel yang harus kamu ketahui.

1. Name box

Name box jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya nama kotak. Di dalam excel terdapat kotak-kotak yang memiliki nama masing-masing sesuai dengan posisinya. Jika kotak berada di kolom A baris ke -1 maka name boxnya adalah A1.

2. Formula Bar

Disamping kolom name box ada kolom fx dimana kolom ini disebut formula bar. Jika di perhatikan ini merupakan isi yang ada di name box tersebut. Jadi apabila di lembar kerja masih kosong, maka di formula bar ini juga kosong.

3. Menu Bar

Seperti di microsoft word, pada microsoft excel ini juga ada menu bar yang terdiri dari beberapa menu utama. Menu bar membawahi menu lain yang dilengkapi icon-icon supaya memudahkan penggunaan. 

4. Column Name

Pada microsoft excel terdapat nama kolom atau column name. Bagian dari excel ini merupakan inisial dari huruf yang berurutan dimulai dari huruf A sampai z. 

5. Title Bar

Title Bar atau baris judul digunakan untuk menunjukkan nama file. Jadi jika kamu memberikan nama pada saat penyimpanan file tersebut maka nama itulah yang akan muncul pada title bar.

6. Sheet

Beda dengan microsoft word, lembar kerja pada excel dibuat dalam berlembar-lembar atau bersheet. Jadi pada setiap sheet terdapat banyak lembar di dalamnya. Kamu bisa tambahkan sheet sesuai kebutuhan. 

Tapi biasanya meski project yang dibuat banyak, kita akan butuh satu file karena ada banyak sheet di dalamnya. Sheet ini letaknya di bawah lembar excel.

7. Line name

Jika pada microsoft word baris-barisnya tidak memiliki nomor beda dengan microsoft excel yang terdapat nomor urut di dalamnya.

8. Scroll Bar

Di excel, scroll bar memiliki dua bagian yakni bagian samping dan juga bawah. Pada bagian samping fungsinya untuk menaikkan dan menurunkan kertas beda halnya dengan disamping yang fungsinya untuk menggeser ke kiri dan ke kanan.

Itulah tadi sedikit pembahasan tentang bagian-bagian yang ada di dalam microsoft excel. Semoga kamu bisa memahami dengan baik sehingga bisa menggunakan microsoft excel dengan benar.

0 komentar:

Posting Komentar