Home » » Memahami Rumus SUMIF dan COUNTIF dalam Excel dan Kegunaannya

Memahami Rumus SUMIF dan COUNTIF dalam Excel dan Kegunaannya

SUMIF dan COUNTIF ternyata sangat penting bagi orang-orang yang akan membuat laporan keuangan lewat microsoft excel. Microsoft Excel sendiri merupakan salah satu produk dari Microsoft Office yang tujuannya adalah membantu pengguna dalam mengolah angka.

Jika pada Microsoft Word kamu bisa mengolah kata tapi pada microsoft Excel ini kamu bisa mengolah data berupa angka dengan lebih mudah dan cepat.

Excel punya berbagai rumus fungsi yang bisa diterapkan ke dalamnya. Dan di setiap rumus tersebut punya masing-masing fungsinya ada yang berfungsi untuk menjumlahkan, mengurangi bahkan perhitungan yang rumit sekalipun bisa dihitung dengan menggunakan rumus fungsi.

Jika dilihat sekilas mungkin kamu akan mengira jika penerapan rumus-rumus yang ada di excel ini sangat sulit. Tapi, apabila kamu dapat memahaminya dengan benar, maka rumus-rumus tersebut akan menolong kamu dalam mengolah angka bahkan yang sulit dihitung secara manual.

Ada dua rumus fungsi di excel yang namanya cukup terkenal yakni rumus SUMIF dan rumus COUNTIF. Keduanya dapat kamu gunakan pada saat membuat laporan keuangan jadi tidak perlu repot hitung banyak angka dengan cara manual lagi. 

Fungsi SUMIF dan COUNTIF di Excel

Berikut ini penjabaran fungsi SUMIF dan COUNTIF yang ada di dalam microsoft excel. Kamu harus memahaminya dengan baik supaya bisa menggunakannya nanti pada saat membuat laporan keuangan.

1. Fungsi SUMIF

Sebelum dapat menggunakan rumus fungsi SUMIF, tentu kamu harus mengenal fungsi ini terlebih dahulu.

Rumus fungsi SUMIF merupakan rumus gabungan dari SUM dan IF dimana SUM gunanya adalah untuk melakukan penjumlahan sementara IF gunanya untuk menentukan apakah kondisi yang terjadi TRUE atau FALSE.

Perlu diketahui, rumus SUMIF gunanya untuk melakukan penjumlahan dengan menggunakan beberapa kriteria tertentu. Kamu bisa gunakan fungsi SUMIF jika ingin menjumlahkan nilai yang berada di satu rentang yang memenuhi kriteria yang sudah ditentukan.

Contohnya,ada beberapa kolom berisi angka. Disini kamu hanya ingin menjumlahkan nilai-nilai di atas angka 5. Maka rumus fungsi yang dapat kamu gunakan adalah sebagai berikut: =SUMIF(B2:B25,”>5”).

Rumus fungsi SUMIF adalah sebagai berikut:

SUMIF(range,criteria,[sum_range]

Untuk cara menggunakan fungsi SUMIF ini sangat mudah jadi kamu bisa pilih sel kemudian ketik =SUMIF, sorot semua kolom untuk dianalisis, masukkan kategori yang mau kamu temukan, klik lagi dan seret sel baru tekan enter.

2. Fungsi COUNTIF

Selain fungsi SUMIF, pada saat membuat laporan keuangan kamu juga harus mempelajari rumus fungsi COUNTIF. Rumus fungsi ini adalah untuk menghitung jumlah sel yang didasarkan pada syarat atau kriteria tunggal.

Pada rumus COUNTIF ini bisa kamu gunakan untuk menghitung jumlah sel yang ada pada sebuah range data yang menurut kamu memenuhi kriteria ataupun syarat yang sudah kamu tentukan. 

Fungsi COUNTIF ini digunakan untuk menghitung jumlah data, menghitung jumlah sel, menghitung sel yang isinya teks tertentu atau bisa juga digunakan untuk menghitung jumlah angka dengan beberapa kriteria tertentu.

Misalnya kamu ingin menghitung sel yang terdapat kata “apel” di dalamnya, atau bisa juga hitung sel yang isinya adalah di atas angka 50. 

Untuk sintaks fungsi COUNTIF ini adalah sebagai berikut:

COUNTIF(Range;kriteria)

Saat menggunakan rumus COUNTIF ini, kriteria apapun harus disertakan tanda kutip ganda. Tapi, jika kriterianya numerik, tanda kutip tidak diperlukan.

Jadi sangat mudah sekali menggunakan rumus fungsi SUMIF dan COUNTIF ini. Kamu bisa pelajari dan pahami dulu dengan baik kemudian praktekkan pada lembar kerja excel.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )