Home » » Peran Inkubator Bisnis Bagi Startup

Peran Inkubator Bisnis Bagi Startup

Keberadaan program inkubasi merupakan faktor penggerak tumbuhnya ekosistem startup teknologi, selain investor. Untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan bisnisnya, maka penting bagi para startup untuk masuk ke dalam sebuah inkubator bisnis.

Apa Sih Inkubator Bisnis?

Inkubator bisnis adalah lembaga atau perusahaan yang bisa berasal dari berbagai sektor dengan tujuan membuat sebuah program untuk pengusaha pemula yang khusus didesain untuk membina perusahaan dalam mempercepat pengembangan bisnisnya.

Seberapa penting inkubator bagi startup? 

Anda perlu memahami lima peran inkubator dalam membantu startup dan mengembangkan ekosistemnya di Indonesia terlebih dahulu sebelum mengetahui seberapa penting inkubator bagi startup. 

1. Akses Jaringan

Pada tahap awal biasanya startup kesulitan untuk mendapatkan partner bisnis yang pas. Nah, disinilah inkubator berperan.

Inkubator yang didukung oleh perusahaan besar dapat menjadi partner yang potensial. Bantuan yang diberikan inkubator biasanya berupa perkenalan langsung atau pengadaan acara untuk mendatangkan para key player di komunitas startup.

Di dalam inkubator, para entrepreneur ataupun startup akan berkumpul dan saling bertukar permasalahan bisnis. Para entrepreneur dapat lebih produktif dalam diskusi karena mampu melahirkan solusi ataupun saran untuk bisnis masing-masing. Dengan demikian, jaringan pun akan bertambah luas.

2. Dukungan Mentor Berpengalaman

Di dalam sebuah inkubator biasanya ada beberapa mentor yang memiliki pengalaman sebagai entrepreneur, yang memang berdedikasi untuk membantu startup di dalamnya. Tak jarang inkubator juga mengadakan workshop dengan topik yang biasanya paling dibutuhkan oleh para startup.

3. Validasi Ide

Inkubator merupakan tempat yang tepat untuk memberikan masukan atas produk yang dibuat, apakah memenuhi kebutuhan pasar, memecahkan persoalan yang ada, serta memiliki model bisnis yang masuk akal untuk jangka panjang.

4. Bantuan Infrastruktur

Inkubator menyediakan coworking space yang dapat digunakan secara gratis atau dengan biaya sangat murah. Startup mendapatkan akses ke ruang kantor yang lengkap dengan internet cepat, meja kerja, ruang rapat, pantry, serta kebutuhan kantor lainnya dengan desain kantor menarik untuk menunjang kreativitas.

Ini sangat membantu startup yang belum memiliki dana besar, startup dapat fokus membangun produk mereka tanpa terganggu dengan kegiatan administratif.

5. Akses ke Investor

Inkubator adalah tempat investor mencari startup yang menarik perhatian mereka, untuk diberikan pendanaan. Tak jarang inkubator didukung oleh perusahaan besar di belakangnya.

Perusahaan besar ini biasanya memiliki inisiatif untuk mendukung perkembangan startup di  Indonesia dan memberikan pendanaan bagi startup yang relevan dengan bisnis mereka ataupun memiliki potensi bisnis yang besar. 

Ternyata peran inkubator dalam perintisan bisnis sangat menguntungkan. Bagi Anda yang sedang merintis usaha bisa coba ikut program inkubasi.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )