Home » » Masalah Keuangan yang Seringkali Melanda Banyak Orang

Masalah Keuangan yang Seringkali Melanda Banyak Orang

Salah satu masalah yang seringkali dialami oleh negara berkembang adalah gagap finansial. Maksudnya, banyak masyarakat tidak bisa mengatur keuangan dengan baik dan ini memicu masalah keuangan dan akan erat kaitannya dengan keseharian.

Masalah keuangan tidak berhubungan dengan status kaya atau miskin tapi bagaimana seseorang dapat mengelola keuangannya dengan baik dan benar. 

Sebenarnya masalah keuangan ini harus diedukasi supaya tidak berdampak buruk di kemudian hari. Beberapa hal pemicu masalah keuangan biasanya karena faktor gaya hidup dan pendidikan. Banyak orang memiliki gaya hidup yang tidak sesuai dengan perekonomian yang dimiliki.

Dan faktor pendidikan disini karena dengan pendidikan, orang-orang akan sadar jika finansial yang dimiliki harus dikelola dengan baik bukan sekedar digunakan saja.

Beberapa masalah keuangan yang sering dialami banyak orang

Ada beberapa masalah keuangan yang sering dialami kebanyakan orang. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tidak punya tabungan

Masalah keuangan pertama yang sering dialami banyak orang adalah tidak memiliki tabungan. Padahal tabungan merupakan instrumen investasi paling mudah digunakan. Tapi sayangnya banyak masyarakat belum menyadari pentingnya menabung saat ini.

Dan ini juga menjadi pertanda jika banyak orang belum menentukan tujuan keuangannya di masa yang akan datang. Banyak orang tidak mau menabung dengan alasan tidak memiliki uang. Padahal untuk menabung disini tidak harus banyak uang karena menabung bisa dilakukan dengan nominal yang kecil.

2. Terjerat banyak hutang

Karena tidak ada tabungan, tentu banyak orang memilih jalan berhutang untuk menutupinya. Padahal, hutang tidak dapat menutup kebutuhan karena hutang sendiri memiliki bunga yang akan terus bertambah.

Banyak orang terjebak dalam masalah ini dan tidak bisa keluar dengan mudah. Hutang merupakan masalah yang sangat serius jika tidak menemukan solusi untuk keluar dari jeratannya. Banyak orang bahkan berhutang hanya untuk menuruti gaya hidup yang serba wah. 

3. Terlalu mengandalkan kartu kredit

Kartu kredit juga membuat masalah keuangan semakin serius apalagi jika Anda tidak tau bagaimana cara mengelolanya. Hadirnya kartu kredit membuat banyak orang terjebak ke dalam hutang yang besar karena kebiasaan dalam menggunakan kartu kredit.

Banyak orang mengandalkan kartu kredit untuk mewujudkan keinginannya tapi mereka lupa jika uang yang sudah digunakan harus dikembalikan dengan jumlah yang lebih besar.

4. Telat bayar tagihan

Kebiasaan yang dilakukan masyarakat adalah karena suka telat bayar tagihan. Masalah ini bisa disebabkan karena suka lupa tanggal dan bisa juga karena faktor finansial.

Karena kesalahan ini akan timbul masalah yang baru karena ada denda yang akan diberikan jika telat bayar tagihan. Yang awalnya pembayaran tagihan hanya sekian rupiah jadi besar karena denda yang diakibatkan oleh telat bayar tagihan.

Beberapa masalah keuangan yang sering terjadi di masyarakat karena kurangnya edukasi finansial. Banyak masyarakat tidak tahu bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik supaya kebutuhan pribadi dan keluarga dapat terpenuhi.

Padahal dengan diberikannya edukasi, masyarakat dapat lebih tahu bagaimana menyeimbangkan pemasukan dengan pengeluaran.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )