Home » » 5 Menit Mengenal Sharing Economy

5 Menit Mengenal Sharing Economy

Sharing economy barangkali istilah satu ini cukup sering digunakan namun tidak banyak yang mengetahui maknanya. Sesuai dengan namanya, sharing economy ini merupakan salah satu bentuk sistem bisnis. Secara sederhana sistem ini memungkinkan para pelaku usaha untuk berbagi akses barang maupun jasa yang difasilitasi sebuah platform online. Masih ingin tahu lebih banyak tentang sharing economy? Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini. 

Pengertian dan Perkembangan Sharing Economy

Sebagaimana telah dikatakan di awal tadi bahwa sharing economy merupakan sebuah sistem bisnis atau perekonomian yang memungkinkan para pelaku usaha untuk berbagi akses barang maupun jasa. Sistem ekonomi ini pun biasa dikenal sebagai sebuah aktivitas dengan model P2P atau Peer to Peer.

Umumnya aktivitas P2P ini akan difasilitasi sebuah platform online yang notabene kini cukup mudah untuk dioperasikan, sehingga sangat memungkinkan bahwa sistem ini dapat memberikan manfaat bagi para pelakunya. Lantas bagaimana perkembangan sharing economy saat ini?

Sharing economy diyakini tidak hanya memberikan dampak positif bagi perekonomian, namun juga memberikan andil lainnya dalam pengelolaan lingkungan. Diketahui bahwa sharing economy ini mampu mengontrol pola pengkonsumsian yang berlebihan, sebab ada sistem pemanfaatan sumber daya yang dilakukan secara bersama-sama. Hal inilah yang kemudian diyakini dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan.

Di lain sisi, pola pemanfaatan sumber daya yang dilakukan secara bersama-sama ini juga diharapkan mampu mengefisienkan penggunaan biaya. Jika dibandingkan dengan sistem konvensional (dengan pemanfaatan sumber daya secara terpisah), maka sharing economy memang dapat melakukan pengefisienan itu. 

Jika melihat kondisi saat ini, maka sharing economy memang telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini pun dapat terlihat dalam kehidupan sehari-hari dengan begitu banyak para perusahaan yang tumbuh dan menerapkan pola bisnis sharing economy ini. Sebagai contoh Anda dapat melihat perusahaan di bidang ojek online. Pada penerapannya perusahaan melakukan kerja sama dengan driver untuk sama-sama memanfaatkan sumber daya yang ada melalui sebuah platform online. 

Tentunya pemanfaatan dan penerapan bisnis semacam ini telah memberikan manfaat yang baik, mulai dari sisi keterbukaan lapangan pekerjaan. Selain itu, penerapan sistem sharing economy tersebut juga dapat membantu pengefisienan penggunaan sumber daya yang ada. Bahkan melalui sharing economy ini memungkinkan bagi orang-orang untuk dapat memanfaatkan sumber daya yang sekiranya tidak atau jarang diperhatikan. Alhasil hal itu tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelakunya. 

Adanya perkembangan dari sharing economy ini telah membuat minat masyarakat dalam berinvestasi juga mengalami perubahan. Kini masyarakat cenderung tertarik untuk berinvestasi di perusahaan dengan sistem semacam ini. Alasannya sederhana, yaitu sharing economy diyakini dapat memberikan keuntungan yang lebih baik. Demikianlah informasi seputar sharing economy kali ini, semoga dapat memberikan manfaat dalam menambah wawasan kita semua. 

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )