Home » » 6 Cara Mencegah Asam Urat Kambuh saat Lebaran

6 Cara Mencegah Asam Urat Kambuh saat Lebaran

Asam urat termasuk salah satu jenis penyakit yang umum diderita oleh masyarakat indonesia. Biasanya penderita penyakit ini adalah mereka yang telah berada usia dewasa. Asam urat sendiri diyakini muncul akibat pola makan yang sembarang dan tidak teratur. Salah satu moment yang dapat menimbulkan asam urat adalah saat lebaran. Pasalnya ketika lebaran masyarakat akan menyantap aneka hidangan dan sering kali mengabaikan kesehatannya. Agar tidak mendapatkan masalah dengan asam urat yang kambuh, coba perhatikan beberapa tips sehat berikut ini. 

6 Cara Mencegah Asam Urat Kambuh saat Lebaran

4 Tips Sehat yang Dapat Mencegah Asam Urat Kambuh Saat Lebaran

Menjaga kesehatan adalah suatu hal yang penting untuk dilakukan, walau sedang berada di moment lebaran sekali pun. Ketika kesehatan diabaikan, maka beragam penyakit pun akan muncul, salah satunya adalah asam urat. Biasanya ketika asam urat telah kambuh, maka aktivitas pun akan terganggu akibat rasa nyerinya. Tidak ingin mengalami hal demikian?, coba amalkan beberapa tips sehat berikut ini. 

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Tips sehat pertama adalah memperbanyak konsumsi air putih. Pada dasarnya tubuh kita terdiri atas cairan dengan komposisi hingga 70%. Para pakar kesehatan pun telah menyarankan agar senantiasa memperhatikan asupan cairan tubuh, di antaranya dengan mengonsumsi air putih. Memperbanyak konsumsi air putih akan membantu sistem metabolisme tubuh, sehingga tubuh mampu kebal dalam melawan berbagai jenis penyakit, termasuk asam urat. 

2. Hindari Banyak Mengonsumsi Makanan yang Manis

Di antara penyebab asam urat kambuh adalah terlalu banyak mengkonsumsi makan yang manis. Sebab ketika makanan yang manis masuk ke tubuh, maka tubuh pun akan merespon untuk memproduksi asam urat dengan cara memecah purin. Sementara itu momen lebaran cukup identik dengan makanan yang manis, sehingga potensi asam urat kambuh terbilang besar. Oleh karenanya, hindarilah mengkonsumsi makanan manis terlalu berlebihan. 

3. Hindari  Mengkonsumsi Makanan dengan Lemak Tinggi

Barangkali Anda sudah sangat memahami bahwa makanan dengan kandungan lemak tinggi cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh. Ada beragam jenis penyakit yang dapat ditimbulkannya, di antaranya adalah asam urat. Makanan dengan kadar lemak tinggi pun diketahui dapat menyebabkan terhambatnya pembuangan asam urat dari dalam tubuh. Oleh karena itu, ketika moment lebaran sebaiknya hindarilah jenis makanan dengan kadar lemak tinggi tersebut. 

4. Rutin Mengkonsumsi Obat yang Sesuai Resep

Tips sehat keempat yang juga penting untuk diamalkan adalah rutin mengkonsumsi obat yang sesuai dengan resep. Jika selama ini Anda menggunakan obat untuk meredakan asam urat, maka konsumsilah pula obat tersebut di saat lebaran. Perhatikan aturan pakainya agar tidak menyebabkan efek samping. Cara ini akan membantu Anda untuk dapat beraktivitas normal di waktu lebaran walau memiliki riwayat penyakit asam urat. 

Demikianlah 4 tip sehat yang dapat diamalkan. Semoga tips-tips tadi dapat membantu Anda untuk mencegah kambuhnya asam urat di saat lebaran.

0 komentar:

Posting Komentar