Home » » Pandemi Covid-19: Berikut Tips Agar Bisnis Tetap Survive

Pandemi Covid-19: Berikut Tips Agar Bisnis Tetap Survive

Sampai hari ini covid-19 masih menjadi problem besar, tidak hanya di Indonesia namun juga di berbagai negara di penjuru dunia. Dampak dari pandemi virus ini juga sangat terasa dalam kehidupan kita sehari-hari, salah satu contohnya adalah pada sektor bisnis/ wirausaha. Semenjak adanya pandemi covid-19 tidak sedikit usaha yang mengalami kerugian dan ada pula yang sampai gulung tikar. Tentunya hal ini pun akan berimbas pada roda perekonomian. Oleh karena itu, bagi Anda para pemilik bisnis, coba perhatikan beberapa tips berikut agar bisnis tetap survive di tengah pandemi virus corona saat ini. 

3 Tips Mengelola Bisnis Di Tengah Pandemi Virus Corona (Covid-19)

Menjaga bisnis agar tetap survive memang memiliki tantangan tersendiri, terlebih di tengah pandemi saat sekarang dengan kondisi serba terbatas. Pemilik bisnis harus memiliki kemampuan untuk menganalisa bisnis yang dimilikinya dengan kondisi yang saat sekarang. Sebab jika mengabaikannya, maka bukan tidak mungkin bisnis akan redup dan bahkan gulung tikar. Berikut ini ada beberapa tips mengelola bisnis di tengah pandemi virus corona yang dapat diperhatikan. 

1. Melakukan Analisis Kebutuhan Konsumen

Tips pertama yang dapat dilakukan adalah menganalisis kebutuhan konsumen. Beberapa pakar menilai bahwa adanya pandemi covid-19, juga membuat kecenderungan kebutuhan konsumen berubah. Ada beberapa barang yang semula dibutuhkan, kini tidak menjadi prioritas lagi. Hal inilah yang harus diketahui oleh pemilik bisnis, sebab jangan-jangan barang atau produk yang ditawarkan justru tidak sedang dibutuhkan konsumen saat ini. 

2. Bertukar Pikiran dengan Orang Terdekat

Tips kedua adalah Anda dapat bertukar pikiran dengan orang terdekat. Mengingat saat ini kita disarankan untuk tetap berada di rumah saja, maka hal ini menjadi kesempatan baik untuk berdiskusi terkait perkembangan bisnis yang dimiliki. Ajaklah istri maupun anggota keluarga lainnya untuk sama-sama bertukar pendapat terkait bisnis selama pandemi ini. Barangkali di antara mereka ada yang memiliki ide kreatif yang akan membuat bisnis Anda bertahan selama pandemi covid-19 ini. 

3. Memanfaatkan Market Online dengan Sistem Delivery

Tips berikutnya yang juga dapat dioptimalkan adalah memanfaatkan market online dengan sistem delivery. Saat ini perkembangan teknologi telah merambah kawasan bisnis, banyak di antara pebisnis yang memanfaatkan market online dalam memasarkan produk mereka. Tentunya Anda pun dapat melakukan hal yang sama. Terlebih saat ini masyarakat (sebagai konsumen) banyak menghabiskan waktu di rumah dan cenderung melakukan aktivitas belanjanya secara online. Oleh karena itu, memanfaatkan market online dengan sistem dilevery ini boleh jadi akan membuat bisnis bertahan selama pandemi covid-19.

Paling tidak dengan memaksimal 3 tips di atas, bisnis yang dikelola mampu bertahan dan terus bertahan di tengah keterbatasan akibat pandemi virus ini. Semoga saja penyebaran virus corona ini segera berakhir dan kita dapat melanjutkan hidup sebagaimana mestinya.

0 komentar:

Posting Komentar