Home » » Tips Puasa Selama Wabah Corona

Tips Puasa Selama Wabah Corona

Sayang sekali jika bulan puasa tahun ini bertepatan dengan pandemi virus corona. Selain kita harus menjaga diri dengan physical distancing, kita juga harus mempersiapkan stamina yang jauh lebih prima. Hal ini disebabkan karena kita harus berperang melawan virus dengan imunitas padahal tubuh kita sedang berpuasa. Yang jelas tubuh kita harus lebih terjaga kebugarannya daripada puasa-puasa sebelumnya untuk metabolisme yang lebih baik.

Tips Puasa Selama Wabah Corona

Berikut tips sehat berpuasa selama wabah corona

1. Selalu Makan Sahur

Jangan pernah melewatkan makan sahur karena sahur merupakan makanan pertama selama sehari berpuasa. Jika nutrisi makanan hanya didapat dari berbuka puasa, itu tidak akan cukup dan akan menyebabkan metabolisme tubuh berkurang. Metabolisme tubuh yang menurun akan membuat tubuh menjadi rentan virus, infeksi, dan penyakit. 

2. Sahur dengan Makanan Bernutrisi

Meski kadang malas karena harus bangun awal dan mengantuk, usahakan makan sahur dengan nutrisi yang lengkap. Usahakan selalu ada makanan dengan kandungan karbohidrat dan protein kompleks dalam menu sahur. Contoh makanannya adalah kentang, nasi merah, ubi, lauk pauk dan sayur mayur. Terlebih jika makanan tersebut berserat tinggi sehingga membuat tubuh lebih kenyang dalam waktu lama dan membuat metabolisme semakin lancar.

3. Minum Air 2 Liter Sehari

Dalam keadaan berpuasa tubuh kita nyaris dehidrasi. Untuk itu selama jam berbuka puasa usahakan minum 2 liter sehari supaya metabolisme tubuh meningkat dan lancar. Air tampak simpel, namun sebenarnya air bukan pemuas dahaga saja. Air mempunyai andil besar pada fungsi organ tubuh supaya bekerja dengan benar.

4. Hindari Makanan/Minuman Penyebab Dehidrasi

Jika tubuh dehidrasi maka metabolisme dan daya tahan tubuh juga menurun. Oleh karena itu, hindari makanan yang banyak mengandung garam atau minuman dengan kafein atau soda. Ketiga hal ini merupakan penyebab dehidrasi dalam tubuh. Kafein dan soda membuat tubuh mengeluarkan air yang sangat banyak. Sedangkan garam membuat tenggorokan sering terasa haus. 

5. Mengkonsumsi Suplemen/Vitamin

Selain makanan sehat, jika diperlukan konsumsilah suplemen atau multivitamin guna melengkapi nutrisi tubuh. Suplemen dan multivitamin juga berguna untuk mencegah penurunan imunitas. Komponen di dalamnya sangat penting untuk tubuh dan selalu konsumsi dengan dosis yang tepat. 

6. Tetap Menjaga Kebersihan 

Lupakan ngabuburit atau buka bersama. Tetap di rumah untuk menjaga diri dan terus jaga kebersihan dengan mencuci tangan. Dengan tetap menjaga kebersihan, tubuh kita tidak perlu mengeluarkan banyak imun untuk menangkal kuman atau virus dari luar. Sehingga 'kuota' imunitas kita tidak berkurang banyak. Seandainya sakit pun diharapkan cepat sembuh karena imunitas yang tinggi. Gunakan masker dan lindungi diri dari kontak langsung dengan seseorang.

Berpuasa hakikatnya adalah ibadah kepada Tuhan, terlebih puasa Ramadhan. Untuk itu diperlukan stamina yang bugar supaya terlaksana selama sebulan penuh. Dalam situasi pandemi corona ini maka tambahan 'tugas' untuk tubuh kita yakni membentengi diri dari virus corona meski dalam keadaan berpuasa. Tetap sehat dengan makanan sehat dan jaga jarak, itu intinya.

0 komentar:

Posting Komentar