Home » » Syarat Menerima Dana Prakerja Selama Pandemi Corona

Syarat Menerima Dana Prakerja Selama Pandemi Corona

Bulan April ini, presiden Indonesia Joko Widodo akan mempublikasikan kartu prakerja yang bermanfaat untuk membantu perekonomian yang lesu di tengah pandemi wabah virus corona. Kartu prakerja juga merupakan antisipasi masyarakat yang nantinya akan mengalami PHK karena dampak virus corona. Untuk masyarakat yang kehilangan pendapatan harian juga bisa mendapatkan dana prakerja melalui prosedur tertentu. Dana 10 triliun rupiah yang dialokasikan untuk kartu prakerja ini akan didistribusikan untuk masyarakat yang telah terdaftar. Untuk itu perlu diketahui apa saja syarat untuk menerima dana prakerja selama pandemi virus corona. 

Syarat Menerima Dana Prakerja Selama Pandemi Corona

Syarat Menerima Dana dari Kartu Pra Kerja

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan dana dari kartu prakerja. Simak rinciannya sebagai berikut:

  • Minimal calon penerima berusia 18 tahun
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal
  • Masyarakat yang mengalami PHK 
  • Pegawai yang ingin menambah keterampilan
Syarat tersebut harus dipenuhi karena nantinya para penerima kartu prakerja akan mendapat pelatihan online berupa e-learning dan pelatihan offline berupa tatap muka. Namun training vokasi ini disebut-sebut sebagai konsep awal saja, untuk perkembangannya dana bisa jadi diberikan tunai, tidak berbentuk training, menyesuaikan kebutuhan masyarakat di tengah pandemi ini.
Untuk pekerja formal yang di-PHK, insentif dana prakerja akan dicairkan melalui kepesertaannya di BPJS Ketenagakerjaan dan diberikan bertahap selama 4 bulan. Sedangkan untuk pekerja informal dan pelaku UMKM akan diberikan langsung, tidak melalui BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja Secara Online

Mendaftar kartu prakerja harus dilakukan secara online dan perlu pendampingan petugas Pengantar Kerja dari Disnaker. Laman online tempat pendaftaran tersebut adalah https://prakerja.go.id/. Setelah melalui tahapan pendaftaran ini, peserta kemudian mendapatkan sistem seleksi yang meliputi kemampuan dasar dan juga motivasi. Maka dari itu tak semua pendaftar akan mudah lulus dan langsung mendapatkan kartu prakerja. 

Setelah lolos dari seleksi dan mendapatkan kartu prakerja, peserta berhak memilih pelatihan yang direncanakan. Nantinya pelatihan tersebut akan mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan untuk modal kerja selanjutnya. Program ini memiliki target 2 juta pencari kerja yang akan mendaftar dan lolos seleksi.

Besaran Dana Kartu Prakerja

Penerima kartu prakerja akan menerima dana yang berupa uang transport sebesar Rp 1 juta per bulan selama tiga sampai empat bulan ke depan. Besaran uang transport ini telah dinaikkan dari yang sebelumnya bernilai Rp 650.000. 

Melalui dana prakerja diharapkan perekonomian para pekerja informal, pelaku usaha mikro dan korban PHK akan menjadi lebih baik. Mereka diharapkan menggunakan pelatihan yang diserap atau dana yang didapat untuk mencari peluang kerja atau peluang bisnis selanjutnya setelah wabah mereda. Jadi lebih baik Anda yang membutuhkan dana ini segera mempersiapkan diri dan mendaftar secara online. Ikuti prosedurnya dan berusaha dengan baik untuk mendapatkannya. Jangan sia-siakan kesempatan ini.

0 komentar:

Posting Komentar