Home » » Bagaimana Penghasilan Artis akibat Wabah Corona

Bagaimana Penghasilan Artis akibat Wabah Corona

Wabah corona memberikan dampak luar biasa di banyak aspek. Salah satu dampak yang cukup banyak dirasakan hampir semua kalangan masyarakat adalah menurunnya penghasilan mereka akibat pandemi corona mulai dari driver ojek online, pedagang kaki lima, bahkan para artis ibukota. Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa para artis tak begitu terdampak corona toh nyatanya mereka masih bisa tetap hidup nyaman meski sedang wabah corona. Namun, tak banyak yang mengetahui bila ternyata banyak artis yang penghasilannya menurun drastis, bahkan ada yang sampai mencari peluang usaha lain untuk memenuhi kebutuhannya.

Bagaimana Penghasilan Artis akibat Wabah Corona

Penghasilan Artis Menurun Drastis akibat Corona

Wabah corona yang kian meluas dengan korban yang semakin banyak dari hari ke hari tentu bukan hal yang tak bisa dianggap sepele. Menyikapi hal ini, pemerintah membuat sejumlah kebijakan sebagai upaya untuk mencegah penularan virus corona semakin luas dan memutus rantai penyebarannya. Salah satunya dengan kebijakan social and physical distancing yang diterapkan dengan pengoptimalan aktivitas dari rumah mulai kerja, belajar, hingga beribadah. Selain itu, pemerintah juga melarang adanya aktivitas yang melibatkan kerumunan orang banyak guna menekan risiko penyebaran virus corona.

Adanya sejumlah kebijakan tersebut pastinya berdampak pada kegiatan para artis mulai dari jadwal tour, acara off air dan on air, konser, ataupun hal-hal lainnya yang harus ditunda entah sampai kapan bahkan ada yang terpaksa digagalkan untuk mengurangi penyebaran virus corona. Dengan adanya penundaan ataupun pembatalan event tersebut pastinya juga berdampak pada pemasukan mereka yang berkurang. Dari yang sebelumnya saldo terus bertambah ketika membuat kontrak, kini harus berkurang bahkan terhenti begitu saja. Padahal selain untuk memenuhi kebutuhan keseharian, ada berbagai cicilan juga harus dipenuhi.

Sebagian orang mungkin masih bisa berkomentar tentang penghasilan artis yang tetap lebih aman dibandingkan yang dari kalangan luar artis mengingat kini banyak artis yang juga merangkap sebagai Youtuber. Namun, perlu diketahui juga, penghasilan artis dari Youtube pastinya belum sebanding dengan penghasilan mereka dari kontrak kegiatan keartisannya karena kebanyakan tujuan utama para artis membuat kanal Youtube lebih untuk penunjang dunia keartisannya, penyaluran hobi, ataupun lainnya.

Dampak corona di kalangan artis juga cukup dirasakan bagi mereka yang sekaligus memiliki bisnis di berbagai sektor. Mewabahnya virus corona mau tak mau membuat omzet mengalami penurunan yang cukup drastis. Bila omzet perusahaan mengalami penurunan, hal ini pastinya akan berpengaruh pada berbagai sektor. Salah satunya adalah kesulitan untuk menggaji karyawan.

Guna menyiasati penurunan pendapatan, para artis melakukan berbagai upaya mulai dari melakukan penghematan pengeluaran, menjual beberapa aset yang dimiliki, hingga mencoba mencari peluang usaha lainnya. Jadi, adanya wabah corona ini tak hanya berdampak menurunnya penghasilan bagi masyarakat kalangan bawah saja tetapi hampir semua lapisan masyarakat terkena imbasnya, termasuk para artis.

0 komentar:

Posting Komentar