Home » » Tips Agar HP Tidak Cepat Panas dan Lebih Awet

Tips Agar HP Tidak Cepat Panas dan Lebih Awet

HP sudah menjadi teman akrab bagi siapa saja yang ingin menjalin komunikasi dengan seseorang dari jarak jauh, maupun sekedar mencari informasi terkini untuk meningkatkan wawasan. Hal ini dapat berlangsung terus-menerus hiingga tanpa sadar HP-mu mengalami panas karena penggunaan HP terlalu sering dimainkan.

Tetapi, hal itu sebenarnya wajar karena ponsel memang dirancang dengan kinerja menghasilkan panas saat dioperasikan. Namun, tidak menjadi wajar apabila panas yang ditimbulkan membuat tanganmu terasa sedikit terbakar. Sehingga, sangat penting bagi kamu  untuk mengetahui tips agar HP tidak cepat panas yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

Tips Agar HP Tidak Cepat Panas dan Lebih Awet

1. Jauhi Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Ponsel yang terpapar sinar matahari secara langsung dapat membuat panas yang diterima bertahan di dalam HP. Tentunya hal ini menyebabkan ponsel mudah panas. Apabila sudah terlalu panas dan sering seperti itu maka HP akan cepat rusak. 

2. Matikan Penggunaan Aplikasi Apabila Tidak Diperlukan 

Penggunaan aplikasi yang tidak penting dan menghapusnya di layar background perlu dilakukan agar baterai dan HP kamu tidak cepat panas. Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan HP akan bekerja lebih keras saat dioperasikan sekaligus menyebabkan performanya semakin terkuras dan ponsel menjadi cepat panas. 

3. Kurangi Tingkat Brightness/Kecerahan

Pengaturan brightness yang terlalu cerah dapat menyebabkan mata menjadi cepat lelah. Selain itu, tingkat kecerahan terlalu tinggi membuat HP harus bekerja keras dan membuatnya menjadi semakin panas. Lebih baik kurangi tingkat kecerahan hingga sewajarnya.

4. Matikan Ponsel Jika Tidak Diperlukan 

Tips agar HP tidak cepat panas salah satunya dengan mengubah mode sebagai mode pesawat dan mematikannya saat tidak diperlukan lagi. Hal ini dilakukan agar HP tidak cepat panas dan mengurangi suhunya yang meninggi. Mode pesawat membuat kinerja HP tidak terlalu menguras baterai sehingga suhu baterai dapat kembali normal.

5. Melepas Casing Saat HP Mulai Panas

Casing dapat membuat Hp-mu menjadi semakin panas. Kenapa hal itu bisa terjadi? Karena  casing yang difungsikan untuk melindungi HP dari benturan menyebabkan ventilasi sebagai jalan udara panas dari baterai terhambat. Jadi, sangat  perlu melepas casing HP saat ponselmu mulai kepanasan. 

6. Jangan Satukan HP Dengan Ponsel Lain

Memisahkan barang-barang elektronik dalam satu tas sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menurunkan kinerja baterai agar tidak terlalu dikuras. Menyatukan HP mu dengan benda elektronik lain merupakan kesalahan fatal. Jadi usahakan selalu dibawa secara terpisah.

Beberapa tips agar HP tidak cepat panas di atas dapat kamu lakukan untuk mengurangi kinerja baterai yang terlalu berlebihan. Kondisi baterai terlalu panas dan sering terjadi dalam keadaan tersebut, dapat menimbulkan HP cepat rusak.

0 komentar:

Posting Komentar