Home » » Tips Hemat AC Di Rumah untuk Mengurangi Biaya

Tips Hemat AC Di Rumah untuk Mengurangi Biaya

Penggunaan AC yang kurang tepat dapat menyebabkan penggunaan daya semakin tinggi. Otomatis, tagihan listrik kamu semakin naik. Hal ini membuatmu harus punya trik jitu untuk mengurangi penambahan biaya dalam menggunakan AC. 

Tips Hemat AC Di Rumah untuk Mengurangi Biaya

Trik menghemat AC Penggunaan AC Dirumah 

1. Atur Suhu Pada Temperatur 240C

Tagihan listrik naik berawal dari penggunaan AC dipaksa untuk memberikan suhu dingin sekitar 16 0c. Hal ini berimbas pada pemakaian listrik semakin besar yang mengakibatkan tagihan naik. Terdapat cara lain yang bisa kamu lakukan agar penggunaan AC dapat dilakukan tanpa mengakibatkan tagihan listrik membengkak , yaitu dengan menempatkan temperatur optimum pada angka 24 0C. 

Hal itu dikarenakan, kinerja dari remote AC mampu mengubah suhu ruangan sesuai yang diinginkan dengan mengirim perintah melalui sinyal yang diterima oleh indoor AC. Jenis AC mempengaruhi perubahan suhu ruangan. Tetapi akan berbeda jika AC dari jenis standard menjadikan kompressor melakukan peristirahatan terlebih dahulu sebelum berubah menjadi mode standby. 

Pengalihan mode membuat daya listrik menjadi turun. Tentu akan berbeda apabila jenis AC-mu adalah inverter. Jenis ini memiliki kompresor dengan daya lebih rendah melalui pengurangan beban menjadikannya sedikit rileks. 

2. Jangan Nyalakan AC Saat Ruangan Terbuka 

Pendinginan optimum dapat terjadi apabila ruangan ber-AC selalu dalam keadaan tertutup. Hal ini dilakukan agar angka yang ditarget oleh remote AC tetap efektif untuk mendinginkan suhu ruangan. Ruangan terbuka dapat menyebabkan suhu yang diharapkan tidak sesuai karena sebagian udara dingin keluar ruangan. 

3. Alihkan Ke Mode Dry Ketika Suhu Berubah Lembab

Cuaca juga mempengaruhi pengaturan AC agar suhu yang diinginkan tetap stabil. Musim penghujan membuat suhu ruangan menjadi lebih lembab. Saat itulah, kamu harus mengganti mode cool menjadi mode dry. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi udara tetap stabil. Dan suhu dalam ruangan tetap terjaga dan sejuk. 

4. Jangan Terlalu Sering Mematikan AC 

Terlalu sering mematikan AC karena alasan keluar sebentar untuk mengurangi daya dan tagihan listrik adalah kesalahan fatal. Malah sebaliknya, penggunaan AC semakin boros dan tagihan menjadi tidak terkontrol dari sebelumnya. 

5. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Mode Powerful 

Kesabaran dalam meningkatkan suhu ruangan sesuai yang diharapkan sangat penting. Penggunaan mode powerful malah membuat tagihan listrik membludak. Hal ini dikarenakan fan dan kompresor menggunakan daya besar karena bekerja lebih keras agar suhu menjadi cepat sejuk. 

6. Tirai Harus Tertutup Menjelang Siang Hari 

Menutup tirai menjelang siang hari sangat penting. Hal ini dilakukan untuk mencegah paparan sinar matahari masuk ke dalam ruangan ber-AC. Sinar yang masuk dapat menyebabkan suhu ruangan menjadi berubah dan tidak efektif lagi. Hal ini membuat AC harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Tentunya, kondisi ini akan membuatmu bersiap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam untuk membayar tagihan AC. 

Beberapa tips di atas bisa kamu aplikasikan dalam penggunaan AC sehari-hari. Hal ini penting dilakukan untuk mengelola keuangan sekaligus membuat AC tetap mampu bekerja secara konsisten dan sesuai dengan kapasitasnya. Jangan terlalu memaksa AC untuk mendinginkan udara. Kalau tidak kamu siap-siap untuk membayar tagihan listrik yang membengkak.

0 komentar:

Posting Komentar