Home » » Tantangan Bisnis Pulsa yang Wajib Diwaspadai

Tantangan Bisnis Pulsa yang Wajib Diwaspadai

Sedang merintis bisnis pulsa? Tentunya akan selalu berharap bisnis ini berjalan dengan lancar dan memberikan profit yang terus tumbuh dari waktu ke waktu. Nyaris semua pegiat bisnis akan memiliki harapan serupa. Namun tetap harus mempersiapkan diri menghadapi kondisi pahit, tak terkecuali untuk bisnis pulsa yang ternyata punya banyak tantangan untuk dihadapi. 

Tantangan Bisnis Pulsa yang Wajib Diwaspadai

Tantangan yang harus Siap Dihadapi

Agar bisa sukses menjalankan bisnis pulsa maka tak mungkin hanya merasakan manisnya saja, ada kalanya dalam kondisi kurang menyenangkan. Secara umum berikut beberapa tantangan yang harus siap dihadapi ketika terjun di bisnis pulsa: 

1. Kebutuhan Modal Ternyata Tak Kecil

Banyak yang berujar jika bisnis pulsa membutuhkan modal sangat terbatas, bahkan ada yang mengklaim cukup Rp 50 ribu sudah bisa buka lapak. Benarkah demikian? Pada masa awal memang tidak keliru karena deposit sudah bisa dilakukan dengan dana puluhan ribu saja. Namun, tidak tertutup kemungkinan saldo awal tidak habis dan harus berjualan lagi untuk menjadi magnet pelanggan. Modalnya tentu tak lagi bisa dikatakan kecil. 

2. Pelanggan Memilih Berhutang

Sudah menjadi masalah klasik bahwa pedagang pulsa selalu dihadapkan pada konsumen yang lebih tertarik berhutang. Banyak yang berujar akan membayar tagihan pulsa ketika gaji cair bulan depan. Padahal Anda butuh modal yang berputar cepat agar bisnis ini dapat berjalan dengan baik. Maka penting untuk menyiasati kondisi ini, sehingga bebas pelanggan yang berhutang namun tidak ada yang kabur ke lapak lain. 

3. Saldo Sering Habis Tanpa Disadari Sebelumnya

Umumnya saldo pulsa disediakan dalam pecahan tertentu, misal stok pulsa senilai Rp 10 ribu sekian kali. Jika melebihi maka tidak bisa melayani pelanggan lagi, pun jika ada yang membeli nominal di luar Rp 10 ribu tadi. Jadi rentan mengecewakan pelanggan sehingga wajib kroscek saldo atau stok pulsa untuk menghindari kondisi seperti ini. 

4. Nilai Laba yang Terbilang Kecil

Pernahkah mencari tahu lebih dalam berapa besar keuntungan berjualan pulsa? Rata-rata antara Rp 1 ribu sampai Rp 2 ribu dan ini terbilang cukup jarang. Jika kurang sabar maka akan menganggap keuntungan recehan ini tidak berharga. Padahal bisnis ini prospeknya bagus, sehingga sejak awal harus siap dengan profit kecil dan tetap profesional agar terus berkembang. 

5. Persaingan Ketat

Setiap tikungan gang dijamin bisa dengan mudah menemukan konter pulsa yang kadang dilengkapi pula dagangan aksesoris handphone, kartu perdana, dan sejenisnya. Persaingan di bisnis ini sudah tentu terbilang ketat jika tidak siap mental maka mudah menyerah. Maka, pastikan siap menghadapi persaingan dan menghadapinya dengan cara positif. 

Bisnis pulsa merupakan bisnis jangka panjang, tentunya akan menjadi sumber pemasukan yang lumayan untuk waktu lama. Namun, jika memutuskan menekuninya siapkan diri dengan berbagai tantangan di atas. Supaya lebih kuat dan gigih memperjuangkan masa depan bisnis berprospek bagus ini.

0 komentar:

Posting Komentar