Home » » Tahapan Mengganti Listrik Pascabayar ke Prabayar

Tahapan Mengganti Listrik Pascabayar ke Prabayar

Sejumlah pengguna listrik pascabayar mengeluhkan tagihan yang semakin meningkat belakangan ini. Hal ini tampak berbeda dengan pengguna listrik prabayar yang tidak mengalami kenaikan secara signifikan.

Selain itu, beberapa risiko lain pun kerap dialami pengguna listrik pascabayar mulai dari sulitnya mengontrol penggunaan listrik sehingga berdampak pada tingginya tagihan di akhir bulan, sanksi denda pemutusan, ataupun lainnya. beberapa hal inilah yang akhirnya membuat pengguna listrik pascabayar ingin beralih ke listrik prabayar.

Lantas, bagaimana cara atau tahapan yang harus dilakukan bila ingin merubah listrik pascabayar menjadi prabayar? Simak penjelasannya berikut.

Cara Mudah Merubah Listrik Pascabayar menjadi Prabayar

Ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan ketika Anda ingin merubah listrik pascabayar menjadi prabayar. 

1. Tahap Pertama

Pastikan pembayaran listrik pascabayar Anda selama ini berjalan lancar. Bila ada tagihan listrik yang masih nunggak, Anda sebaiknya melunasi seluruh tagihan listrik berikut dengan dendanya. Hal ini penting untuk dilakukan sebelum Anda mengajukan proses perubahan listrik dari pascabayar ke prabayar.

2. Tahap Kedua

Bila segala urusan yang berkaitan dengan tagihan listrik pascabayar Anda telah lunas, Anda bisa langsung menyiapkan KTP asli serta fotokopi KTP pemilik bangunan rumah. KTP  pemilik bangunan ini digunakan untuk mendapatkan ID pelanggan pketika mengajukan perubahan listrik ke PLN.

Bila penanggung jawab bangunan ternyata berhalangan hadir ke PLN maka bisa diwakilkan kepada pihak lain dengan menyertakan surat kuasa. Pastinya, pihak yang mewakili harus menyediakan KTP. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan materai Rp 6.000 sebanyak 3 lembar.

3. Tahap Ketiga

Tahap selanjutnya yang perlu Anda lakukan bila ingin merubah listrik pascabayar ke prabayar adalah menghubungi contact center PLN di 123 untuk mendapatkan ID pelanggan dan melakukan registrasi. Pada tahapan ini, pihak PLN akan menanyakan tentang kondisi listrik Anda serta kemungkinan keinginan Anda untuk berganti ke listrik prabayar, termasuk adakah kemungkinan keinginan untuk meningkatkan daya listrik.

Selanjutnya, pihak PLN juga akan meminta Anda untuk datang langsung ke kantor PLN dengan membawa dokumen yang telah Anda siapkan pada tahapan kedua tadi. Bila Anda tidak berkeinginan untuk menambah daya maka Anda hanya perlu membayar biaya pulsa perdana sesuai dengan permintaan Anda. Sedangkan bila Anda ingin menambah daya listrik maka biaya yang dikenakan adalah biaya pulsa perdana serta biaya pemasangan.

4. Tahap Keempat

Setelah Anda melakukan tahapan pendaftaran maka Anda hendaknya bersabar menunggu proses verifikasi dari pihak PLN terkait proses pemasangan.

Hal ini berkaitan dengan kesiapan kondisi listrik Anda juga pihak PLN perlu melakukan analisis tentang kesiapan penunjang listrik sekitar apakah dibutuhkan penambahan jaringan atau bahkan perlu adanya penambahan gardu distribusi baru.

Beberapa tahapan di atas perlu Anda pahami bila Anda berkeinginan untuk mengubah listrik pascabayar ke listrik prabayar.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )