Home » » Rahasia Menarik Pelanggan Baru Dalam Dunia Bisnis

Rahasia Menarik Pelanggan Baru Dalam Dunia Bisnis

Dalam bisnis, pelanggan menjadi sebuah hal yang paling penting. Karena bukan menjadi sebuah rahasia apabila pelanggan menjadi hal terpenting dalam dunia bisnis. Sebab pelangganlah yang akan membuat bisnis Anda dapat bertahan bahkan terus berkembang.

Mungkin Anda akan penasaran tentang rahasia mendapatkan pelanggan baru. Dan seperti apa cara mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan para pelanggan yang sudah lama dan setia pada bisnis Anda.

Karena Anda tidak boleh fokus hanya pada pencarian pelanggan baru dan melupakan begitu saja pelanggan yang sudah setia pada bisnis Anda. Jadi, jika Anda menginginkan keduanya, bisa simak ulasannya dalam artikel ini.

Cara Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Jika Anda pelaku usaha yang baru saja berkembang, pastinya Anda ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan baru tapi tetap mempertahankan loyalitas dari mereka yang sudah jadi pelanggan lama Anda? Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

1. Gunakan Sosial Media

Cara pertama, Anda harus gunakan sosial media sebagai sarana terbaik untuk melakukan promosi. Sosial media juga dinilai efektif untuk Anda yang saat ini ingin menarik pelanggan baru dan menyapa orang-orang yang sudah menjadi pelanggan setia Anda.

Anggap saja, menarik pelanggan dengan cara ini sama seperti jaring laba-laba. Apabila jaring semakin luas dan kuat, tentu kesempatan mendapatkan mangsa jadi lebih besar.

2. Memaksimalkan Jaringan di Dunia Nyata

Meski Anda sudah melakukan promosi besar-besaran melalui sosial media, bukan berarti Anda melupakan jaringan dunia nyata. Anda bisa telusuri nanti apakah yang menjadi pelanggan Anda adalah mereka yang sudah Anda kenal atau belum.

Jika ingin menarik pelanggan baru sembari mempertahankan loyalitas pelanggan lama bisa dilakukan dengan membangun hubungan baik dengan metode konvensional. Karena dengan bertemu banyak orang, jaringan bisnis kita pun akan jadi lebih luas. 

Anda juga harus berteman dengan mereka yang menjadi pelanggan Anda. Dan kemanapun Anda pergi, jangan lupa bawa kartu nama Anda.

3. Melakukan Strategi Marketing

Dalam strategi marketing, jangan terpaku pada cara yang sama di setiap saatnya. Anda bisa gunakan strategi marketing lainnya misalnya menggunakan e-mail marketing. Anda bisa kirim newsletter melalui email perusahaan dan dikirimkan ke email para pelanggan.

Pilihlah strategi marketing yang dinilai cocok untuk bisnis Anda. Tapi setelah mendapatkan strategi yang cocok, Anda tetap harus kreasikan dengan strategi yang lain.

4. Mencari Rekan Bisnis

Dan salah satu strategi terbaik dalam menarik banyak pelanggan baru adalah mencari rekan bisnis yang dapat membantu bisnis yang Anda jalankan. 

Anda bisa mengajak orang lain untuk bekerja sama misalnya bekerja sama dengan cara membagikan diskon belanja. Anda bisa berikan diskon ke rekan bisnis Anda yang bisa ia berikan ke pelanggan yang membeli produk atau jasanya.

Beberapa cara tadi bisa Anda gunakan jika ingin mendapatkan banyak pelanggan baru dan tetap ingin mempertahankan pelanggan lama. Meski memakan waktu yang lama, tapi paling tidak dampaknya akan sangat baik untuk bisnis yang Anda jalankan.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )