Home » » Lakukan Cara Ini Jika Ingin Menghemat Biaya Listrik Daya 1300 VA

Lakukan Cara Ini Jika Ingin Menghemat Biaya Listrik Daya 1300 VA

Banyak rumah tangga yang bermasalah dikarenakan biaya listrik yang terlalu besar sehingga membuat pengeluaran pun menjadi semakin besar. Apalagi dalam kurun waktu setahun saja, tarif dasar listrik bisa mengalami kenaikan hingga beberapa kali.

Belum lagi dengan tambahan biaya pada beberapa item yang akan dibebankan ke konsumen listrik misalnya biaya administrasi, biaya Pajak Penerangan Jalan, Pajak Pertambahan Nilai dan potongan bea materai untuk pembelian token listrik diatas Rp 300.000.

Dimanapun tinggalnya baik di rumah sederhana, rumah besar atau bahkan di apartemen sekalipun pastinya Anda ingin menghemat pengeluaran biaya listrik, bukan? Nah, berikut ini ada beberapa tips bagaimana Anda bisa hemat token listrik terutama untuk daya 1300.

Tips Menghemat Biaya Listrik Daya 1300 VA

Jika saat ini Anda menggunakan listrik dengan daya 1300 VA, maka Anda akan mendapatkan token listrik yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan listrik berdaya 450 VA dan 900 VA. Jadi, Anda  bisa ikuti beberapa tips hemat berikut ini supaya dapat memangkas pengeluaran Anda nanti:

1. Memilih daya listrik yang sesuai

Pertama, Anda harus memilih daya listrik yang disesuaikan dengan kemampuan Anda. Jika saat ini Anda menggunakan daya listrik 1300 VA, maka artinya Anda sudah tidak mendapatkan subsidi lagi dari pemerintah.

Karena pemerintah akan memberikan subsidi untuk daya listrik 450 VA dan 900 VA saja atau bagi masyarakat yang dianggap kurang mampu.

Jika menurut Anda daya listrik 1300 VA terlalu besar, maka sebaiknya datang ke kantor PLN terdekat supaya menurunkan daya pada listrik Anda. Karena semakin besar dayanya maka semakin mahal pula harga token listrik tersebut.

2.Menggunakan pulsa listrik prabayar

Jika saat ini Anda masih menggunakan listrik sistem pascabayar, maka beralihlah ke listrik prabayar. Karena supaya Anda bisa mengontrol penggunaan listrik yang bisa disesuaikan dengan token pulsa yang Anda beli di setiap bulannya.

Pada listrik prabayar, jika Anda kehabisan pulsa maka listrik menjadi padam. Memang sedikit menyulitkan tapi Anda bisa atur alokasi listrik dengan tepat nanti.

3.Menggunakan lampu jenis LED

Saat ini sudah ada banyak sekali produsen lampu LED yang memiliki beberapa keunggulan seperti lebih terang, hemat energi, tidak panas, tahan lama dan warna benda juga akan lebih natural.

Meski daya listrik yang dibutuhkan untuk lampu LED ini lebih rendah, tapi cahaya yang dikeluarkan terang bahkan setara dengan daya yang lebih besar sekalipun.

4.Menggunakan televisi LED hemat energi

Jika Anda sudah menggunakan lampu LED, maka Anda juga harus menggunakan televisi LED tapi dengan fitur hemat energi. Karena jika Anda menggunakan fitur ini, maka daya listrik rumah Anda akan lebih hemat bahkan hingga setengahnya.

Jadi banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan jika ingin menghemat pengeluaran untuk membeli token listrik. Anda juga harus menghemat penggunaan peralatan listrik di rumah dan matikan jika memang sudah tidak digunakan lagi.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )