Home » » Tips dari PLN untuk Beli Token PLN Murah

Tips dari PLN untuk Beli Token PLN Murah

Pembelian listrik dengan system prabayar sudah menjadi sebuah tren saat ini. Seperti halnya pembayaran pulsa ponsel, banyak pelanggan lebih menyukaicara ini karena mereka bisa membeli daya untuk listrik sedikit demi sedikit tapa harus membayar sekaligus setelah satu bulan pemakaian. Sayangnya, pembelian token listrik prabayar ini sering kali mengalami banyak potongan seperti biaya administrasi, Pajak Penerangan Jalan Umum (PJU), dsb. Agar Anda bisa membeli token PLNmurah, beberapa tips dari PLN ini mungkin bisa Anda terapkan untuk lebih berhemat saat membeli pulsa listrik

Beli Pulsa Listrik dari Bank Berlabel Syariah

Kita semua tahu bahwa sebagian besar Bank Syariah memiliki prinsip keuangan yang syariah pula. Bank ini menerapkan system yang tidak merugikan siapa pun sehingga semua transaksi disertai dengan biaya administrasi yang lebih rendah. Begitu pula apabila Anda membeli pulsa listrik dari Bank Syariah ini. Anda hanya perlumembayar biaya administrasi sebesar 1.600 apabila membelinya melalui downliner Bank Syariah. Tentu harga ini jauh lebih murah dibandingkan dengan bank- bank biasa yang menerapkan biaya admin 3.000 samapi 3.500 untuk setiap transaksi.

Beli Token Pulsa PLN di Minimarket

Cara ke dua ini bisa Anda terapkan apabila Anda tidak memiliki ATM atau rekening di Bank Syariah. Anda juga bisa membeli token PLN murah di minimarket, karena Anda hanya akan dikenakan biaya administrasi sebesar 2000 per transaksi melalui minimarket. Cara ini mungkin bisa lebih praktis karena Anda bisa membeli token listrik sambil berbelanja bulanan

Beli Token Listrik Sebulan Sekali

Selanjutnya, sangat disarankan bahwa pelanggan membeli pulsa listrik sebulan sekali. Tidak disarankan membeli pulsa sedikit demi sedikit dalam sebulan, karena pastinya biaya administrasi akan dikenakan pada setiap transaksi. Bila perlu, Anda bisa membeli pulsa untuk 3-4 bulan sekaligus agar biaya administrasinya hanya dikenakan satu kali dan menjadi token PLN murah.

Menurut pejabat PLN, biaya administrasi yang dikenakan saat membeli pulsa listrik merupakan kewenangan dari pihak Bank, sehingga besarannya tidak bisa ditentukan oleh pihak PLN sendiri. PLN tidak memiliki hak untuk mengatur biaya administrasi dan juga PJU karena hal ini juga sudah berdasarkan undang – undang yang berlaku. Pemerintah harus merevisi undang- undang ini agar dapat merubah harga pulsa listrik menjadi lebih murah.

Harga pulsa yang mahal karena banyaknya potongan biaya ini terungkap setelah dikritik oleh Rizal Ramli, Menko bidang Maritim dan Sumber Daya. Beliau sangat menyayangkan banyaknya potongan mulai dari biaya admin,PJU yang besarnya maksimal 10%, hingga biaya materai serta PPN yang juga besarnyahingga 10% tergantung besaran pulsa listrik yang hendak dibeli. Ternyata, banyaknya potongan tersebut juga berlaku untuk listrik pasca bayar dengan meteran biasa. Tentu saja, apabila potongan tersebut dikurangi, maka tokenPLN murah tersebut akan lebih murah lagi.

0 komentar:

Posting Komentar