Home » » Kenali Bahaya SMS Chat-V

Kenali Bahaya SMS Chat-V

Belakangan ini cukup banyak masyarakat yang mengeluhkan adanya kemungkinan serangan digital melalui SMS dalam bentuk tautan atau link yang mengharuskan pemasangan aplikasi tertentu. SMS yang dikenal dengan sebutan SMS Chat-V ini memiliki pengirim dari nomor telepon serta provider yang berbeda-beda mulai dari Telkomsel, XL, atau lainnya.

Meski pengirimnya tak sama, konten dan format SMSnya relatif sama yaitu menyapa nama orang yang dikirimi SMS serta ajakan untuk mengunduh aplikasi lengkap dengan tautannya. Lantas, benarkah SMS Chat-V ini berbahaya?

Bahaya SMS Chat-V

Anda mungkin pernah mendapat keluhan dari teman atau kerabat karena mendapatkan SMS berisi link atau tautan chat-v.com. Atau bahkan Anda sendiri pernah mendapatkan SMS semacam itu. Isi SMS Chat-V ini beragam tapi memiliki konten dan format yang hampir sama.

Misalnya:

  • “Sinta, bram kirimkan foto ke kamu. Unduh MiChat untuk melihatnya. Chat-v.com/s/7gi877.”
  • “Winda kirimk4an foto ke kamu, unduh MiChat untuk melihatnya chat-v.com/s/7vxul7.”
  • “Viona, tadi s4ya ketemu kamu di jalan. S4ya hampir g4k kennal. Ini benar” kamu? Chat-v.com/s/7j3oou.”

Kebanyakan bahasa yang digunakan dalam pesan singkat tersebut memang terkesan gaya bahasa alay yang banyak typo dan terkesan berantakan. Meski demikian, Anda sebaiknya berhati-hati bila mendapatkan SMS berisi tautan chat-v.com tersebut.

Anda sebaiknya tak perlu merasa penasaran untuk membuka link yang ada dalam pesan tersebut bila Anda tak ingin terperangkap dalam jebakan. Lebih baik abaikan bahkan hapus saja SMS tersebut dari ponsel Anda.

Bahaya terkait tautan chat-v.com ini dijelaskan oleh SAFEnet yang merupakan jaringan relawan bagi para pengguna internet. SAFEnet menjabarkan bahwa telah menerima banyak aduan dari sejumlah aktivis serta pengguna ponsel terkait kemungkinan serangan digital melalui SMS yang berisi link untuk memasang aplikasi tertentu.

Dari banyaknya pengaduan yang masuk tersebut akhirnya SAFEnet melakukan pemindaian terhadap konten SMS tersebut untuk mengetahui apakah ada kemungkinan bahayanya.

Dari pemindaian dengan dua website yaitu VirusTotal dan URLScan, hasilnya tautan chat-v.com termasuk kategori aman karena tidak ditemukan malware apapun pada tautan tersebut. Namun, ketika dicek dengan Sucuri.net ditemukan bahwa tingkat bahaya tautan tersebut masuk dalam kategori sedang.

Hal ini karena tautan tersebut tidak memakai https. Sucuri juga menunjukkan bahwa tautan itu bila diklik maka akan mengarahkan pada situs Play Store yang terlihat tidak mencurigakan. Namun, bila ditelusuri lebih jauh maka tautan tersebut mengarah pada pemasangan aplikasi MiChat yang bisa mengakses hampir semua konten pada Android.

Dari hasil temuan tersebut bisa disimpulkan bahwa pengiriman pesan spam chat-v untuk menginstal aplikasi MiChat dengan potensi ancaman rendah dan tidak terlalu berbahaya. Namun, hal ini sebaiknya juga perlu diantisipasi yaitu dengan tidak membuka link yang ada pada SMS serupa dan segera hapus pesan tersebut. Alangkah lebih baik bila pemilik ponsel memasang antivirus semacam Malwarebytes untuk menghindari peretasan melalui spyware.

1 komentar:

  1. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^

    * Minimal Deposit : 20.000
    * Minimal Withdraw : 20.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarata
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercayaa
    * Live chat yang Responsive
    * Mensupport semua jenis bank lokal dan tersedia deposit via OVO dan PULSA TELKOMSEL


    Contact Us
    Website SahabatQQ
    WA 1 : +6281210795428
    WA 2 : +855889110527
    Telegram 1 : +855967745363
    Telegram 2 : +6281282474393
    LINE : SAHABATQQ
    FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
    Agen Domino99

    BalasHapus


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )