Home » » 4 Tips untuk Membersihkan Printer Secara Benar

4 Tips untuk Membersihkan Printer Secara Benar

Melihat benda yang kotor tentu kita akan merasa risih. Bahkan terkadang beberapa jenis benda yang berada dalam keadaan kotor akan dapat mengganggu kinerja dari benda tersebut, contohnya dalam printer yang dalam keadaan kotor.

Ketika printer dalam keadaan kotor, maka sudah pasti kinerja tidak maksimal digunakan. Oleh sebab itu, kita harus melakukan pembersihan. Agar dapat melakukannya dengan benar, coba perhatikan beberapa tips yang akan dibagikan berikut ini.

4 Tips yang Harus Diperhatikan Saat Membersihkan Printer

Penting untuk disadari bahwa jika memang memiliki pekerjaan yang aktif menggunakan printer, maka sebaiknya dilakukan pembersihan printer dengan teratur. Sebab jika printer dalam keadaan kotor, performanya sudah pasti tidak akan baik. Bahkan terkadang hasil cetakannya pun akan berpengaruh. Oleh sebab itu pembersihan printer harus dilakukan dengan teratur dan berikut beberapa tips untuk membersihkannya.

1. Bersihkan printer dari debu yang menempel

Tips pertama, sebaiknya bersihkan terlebih printer dari debu yang menempel. Coba perhatikan pada bagian luar printer apakah terdapat debu atau tidak. Jika ada sebaiknya dibersihkan menggunakan kain yang sedikit basah. Ketika melakukan hal ini sebaiknya printer tidak terhubung ke arus listrik dengan tujuan untuk meminimalisir resiko tersengat listrik.

2. Perhatikan bagian dalam printer

Tips kedua adalah perhatikan bagian dalam printer. Ketika selesai membersihkan bagian luarnya coba periksa bagian dalam printer tersebut. Terkadang debu maupun bentuk sampah lainnya juga terperangkap pada bagian dalam printer tersebut. Buka secara perlahan penutup printer dan perhatikan dengan seksama. Jika ada sampah segera ambil dengan tetap berhati-hati agar tidak merusak perangkat di dalamnya. 

3. Lakukan pembersihan melalui sistemnya

Selanjutnya, pembersihan juga dapat dilakukan melalui sistemnya. Cara melakukan pembersihan ini adalah dengan mengaktifkan fitur pembersihan pada menu pengaturan printer. Jika bingung, silahkan baca buku petunjuk printer atau menonton video tutorialnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa sistem printer tersebut dapat bekerja secara maksimal.

4. Coba cetak beberapa lembar untuk melihat hasil pembersihan

Tips terakhir, coba cetak beberapa lembar untuk melihat hasil pembersihan sistem yang dilakukan. Biasanya sistem pun akan memberikan instruksi tersendiri untuk mencetak hasil pembersihan tersebut. Apabila hasil cetakan telah normal, maka printer dalam keadaan baik-baik saja. Namun jika tidak normal, coba ulangi kembali pembersihan melalui sistemnya tadi.

Demikianlah beberapa tips yang dapat diperhatikan untuk membersihkan printer. Usahakan untuk selalu membersihkan printer yang dimiliki, terlebih jika printer memang memiliki fungsi yang vital. Selain itu, juga periksa kadar tinta yang ada di dalamnya, sehingga printer tidak mengalami kekurangan tinta printer. Jika tinta telah menipis sebaiknya segera ditambahkan dengan menggunakan tinta print yang sesuai dengan printer itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )