Home » » 6 Teknik Marketing Hemat Biaya untuk Bisnis Kecil

6 Teknik Marketing Hemat Biaya untuk Bisnis Kecil

Punya bisnis kecil memang selalu dihadapkan pada berbagai keterbatasan karena memang modalnya terbatas. Keterbatasan tersebut tentu perlu diakali dengan sangat kreatif agar tidak merusak bisnis yang dirintis. Selain itu, keterbatasan biaya ini sebaiknya tidak menghalangi Anda untuk tetap melakukan kegiatan marketing.

Teknik Marketing yang Hemat Biaya 

Sebagai solusi terhadap minimnya dana dari bisnis kecil yang dimiliki, maka bisa memprioritaskan teknik marketing yang murah meriah. Meskipun murah ketika disesuaikan dengan kebutuhan dan dikelola dengan kreatif. Maka hasilnya akan sangat memuaskan, dan berikut pilihan teknik marketing hemat biaya yang bisa dicoba: 

1. Teknik Referal 

Teknik marketing yang murah meriah ada banyak dan salah satunya adalah teknik referal. Yakni mengadakan program mengajak para pelanggan lama untuk menjaring pelanggan baru. Sehingga mereka akan  bersedia memasarkan produk dan jasa yang disediakan kepada orang-orang disekitarnya. Tentunya dengan memberikan sejumlah imbalan, misalnya mendapatkan fee sekian persen dari total penjualan referal yang dibawa. 

2. Promosi dengan Hastag 

Jika fokus melakukan marketing secara online, khususnya di media sosial. Maka bisa mengoptimalkan fungsi dari tagar atau hastag. Hastag membantu target pasar menemukan produk dan akun Anda. Jadi, silahkan menambahkan hastag yang tepat dengan jumlah yang sesuai aturan. 

3. SEO

Teknik SEO juga menjadi pemasaran digital yang tergolong murah, karena fokus pada optimasi website tanpa keluar biaya sepeserpun kecuali untuk kuota internet. Misalnya dengan membuat konten artikel dan dibubuhkan kata kunci, kemudian di post berkala. Cara ini membantu mendongkrak ranking website di algoritma mesin pencari. Pengunjung website yang semakin bertambah akan memberikan kenaikan omset penjualan. 

4. Konten Marketing 

Konten marketing yang di post di akun media sosial yang dirancang profesional juga termasuk teknik marketing yang murah meriah. Sebab cukup bermodalkan foto, gambar, video dengan durasi pendek, atau bahkan hanya teks. Sudah bisa di post i akun media sosial tadi dan sukses memperkenalkan produk maupun jasa yang disediakan. 

5. Aktif di Grup dan Forum 

Teknik marketing hemat biaya berikutnya adalah aktif di grup dan forum. Tentunya grup dan forum yang sesuai dengan produk dan jasa yang disediakan. Sehingga perahan berkenalan dengan semua anggota di dalamnya, dan memperkenalkan produk atau menjualnya secara langsung di grup dan forum tersebut. 

6. Mengadakan Workshop 

Opsional berikutnya adalah mengadakan workshop atau pelatihan dimana Anda berbagi ilmu dan keterampilan. Misalnya menjual bros cantik yang dibuat manual dengan tangan. Maka bisa mengadakan pelatihan membuat bos tersebut, dan di acara inilah Anda bisa sekaligus memperkenalkan bisnis dan produk yang dijual. 

Marketing memang penting, namun bukan berarti memaksakan anggaran untuk menjalankannya. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih teknik marketing murah merah i atas yang tentu cocok untuk bisnis kecil yang ingin menghemat modal.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )