Home » » Belajar Fungsi String Pada Excel dengan Mudah

Belajar Fungsi String Pada Excel dengan Mudah

Di dalam microsoft excel terdapat fungsi string yang gunanya adalah untuk memanipulasi data karakter atau string. String sendiri adalah kumpulan dari angka, karakter, kombinasi huruf dan angka.

Jika kamu pernah menemukan string seperti ini: TI32-2008-023 string ini tentu memiliki makna. TI32 sendiri artinya jurusan Teknik Informatika Angkatan 32, kemudian 2008 untuk tahun masuk sedangkan 023 adalah nomor urut. 

Jadi kita bisa manipulasi string sesuai yang kita mau. Jika kamu ingin mengenal fungsi string lebih banyak, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Fungsi String Pada Excel

Ada beberapa fungsi dalam excel yang biasanya diambil dari sebuah string misalnya:

1. Fungsi Left

Di dalam aplikasi pengolah angka atau microsoft excel, fungsi LEFT akan memungkinkan kita untuk dapat mengambil substring dari string. Rumus fungsi LEFT adalah sebagai berikut:

Left(Text,number_of_characters)

Dari rumus ini bisa kita lihat bahwa text merupakan string yang nantinya akan diambil sedangkan number of character merupakan jumlah karakter yang diambil yang dimulai dari paling kiri.

2. Fungsi MID

Ada juga fungsi MID dimana fungsi ini akan digunakan untuk mengambil substring dari string yang posisinya bisa dari manapun juga. Rumus fungsi MID sendiri adalah sebagai berikut:

Mid(Text, start_positition,number_of_characters)

Jadi disini teks adalah string yang akan diambil, sementara start position adalah posisi diambilnya karakter yang ada di dalam string dan number of characters merupakan jumlah karakter yang diambil.

3. Fungsi RIGHT

Di dalam excel juga terdapat fungsi RIGHT dimana fungsi ini digunakan untuk mengambil substring dari string yang paling kanan karakternya. Sintaks fungsi RIGHT adalah sebagai berikut:

Right(Text,number_of_characters) 

Text adalah string yang diambil, number of characters adalah jumlah karakter yang diambil yang letaknya dari paling kanan. 

4. Fungsi Concatenate

Fungsi ini fungsinya adalah untuk menggabungkan 2 string atau lebih. Rumus fungsi Concatenate adalah sebagai berikut:

Concatenate(Tex1,tex2,...,text n) sampai dengan 30 string yang bisa digabungkan disini. Selain itu, concatenate ini juga bisa menggunakan operasi “&”.

5. Fungsi LEN

Fungsi LEN adalah salah satu fungsi yang ada di dalam microsoft excel yang fungsinya adalah untuk menghitung berapa panjang karakter. Rumus fungsi Len sendiri sangat sederhana yakni:

Len(Text) dimana text adalah string yang nantinya dihitung berapa karakternya.

6. Fungsi Lower

Selain fungsi LEN ada fungsi Lower dimana fungsi ini gunanya adalah mengkonversikan semua huruf atau kata yang ada pada string menjadi huruf yang kecil. Jika pada string bentuknya huruf atau kata, fungsi lower ini tidak akan berfungsi. Rumus fungsi lower sebagai berikut:

Lower(text) dimana text merupakan string yang nantinya ingin diubah jadi huruf kecil semua.

7. Fungsi Upper

Pada fungsi upper ini tujuannya adalah mengubah teks menjadi huruf besar. Rumus untuk fungsi UPPER ini adalah sebagai berikut:

Upper(tex) dimana text ini merupakan string yang nantinya akan diubah ke dalam huruf besar semuanya.

8. Fungsi Proper

Pada fungsi Proper kegunaannya adalah untuk mengubah karakter pertama menjadi huruf besar dan sisanya adalah huruf kecil. Rumus fungsi Proper sebagai berikut:

Proper(Text) dimana text ini adalah string yang akan diubah karakter pertamanya jadi huruf besar dan sisanya huruf kecil.

Dan masih banyak lagi fungsi string lainnya yang perlu kamu pelajari terkait cara dan kegunaannya. Karena dengan memahami fungsi string, kamu akan lebih mudah menggunakan program microsoft excel.

0 komentar:

Posting Komentar