Home » » Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Kartu Micro SD

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Kartu Micro SD

Dengan tipe ponsel yang makin lama makin banyak, kita sebagai pengguna nggak boleh sembarangan untuk membeli atau memilih kartu memori. Memilih kartu memori tidak hanya sekedar menentukan kapasitas sesuai dengan keinginan, tetapi ada beberapa variabel lain yang harus dijadikan acuan untuk memilih. Salah pilih kartu memori bisa mempengaruhi performa ponsel secara keseluruhan.

Tips Membeli Kartu Micro SD

Apa saja kriteria Micro SD yang perlu diperhatikan pada saat membelinya? Dan bagaimana cara memilih Micro SD yang cocok untuk smartphone kita? Temukan jawabannya di bawah ini!

1. Mencari Tahu Kapasitas Maksimal Memori Eksternal dari Ponsel Anda

Coba teliti dahulu sebelum membeli Micro SD. Anda bisa mencari informasi lewat internet atau melalui manual book yang disertakan dalam pembelian smartphone. Daripada beli mahal-mahal tapi ujung-ujungnya gak terpakai.

2. Memperhatikan Kelas dari Micro SD 

Tahukah anda, apa makna kelas (class) dari Micro SD? Kecepatan Micro SD dipengaruhi dari kelas Micro SD. Ada 5 kelas Micro SD, yakni Class 2 (kecepatan 2 MB/detik), Class 4 (kecepatan 4 MB/detik), Class 6 (kecepatan 6 MB/detik), Class 8 (kecepatan 8 MB/detik) dan Class 10 (kecepatan 10 MB/detik).

Perlu diketahui, kecepatan tersebut adalah kecepatan baca tulis terendah. Sangat mungkin kecepatan itu akan bertambah, misalnya ketika kita melakukan copy-paste file ke laptop. Lebih cepat transfer file, lebih menghemat waktu!

3. Mengetahui Perbedaan Dari Micro SDHC dan MIcro SDXC

Satu lagi perbedaan kecil yang perlu kita cermati, yakni Micro SDHC dan Micro SDXC. Sebenarnya, apa sih perbedaan di antara keduanya? SDHC adalah singkatan dari Secure Digital High Capacity, sementara SDXC adalah singkatan dari Secure Digital eXtended Capacity. Masih bingung?

Memori eksternal bertipe SDHC rata-rata berkapasitas 4 GB sampai 32 GB saja, sementara tipe SDXC menawarkan ruang penyimpanan lebih dari 32 GB.

4. Pakai Micro SD Tipe UHS

Tahukah anda, apa makna Ultra High Speed (UHS) dalam Micro SD? UHS menunjukkan kecepatan tulis minimum pada Micro SD dan terbagi lagi menjadi tiga, yaitu UHS-I, UHS-II dan UHS-III. Kecepatan minimal UHS-I adalah 10 MB/detik dan kecepatan maksimalnya adalah 104 MB/detik.

Sementara, UHS-II memiliki kemampuan membaca hingga 300 MB/detik dan kemampuan tulis hingga 260 MB/detik. Dan UHS-III punya kecepatan menulis minimal 30 MB/detik dan kemampuan maksimal hingga 624 MB/detik, ungkap laman 4K Shooters. Jika anda punya pekerjaan yang mengharuskan transfer file dengan cepat, maka UHS-III cocok untukmu.

5. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Tidak semua yang berukuran besar itu lebih baik. Termasuk, kapasitas Micro SD yang akan kita beli. Sebelum membeli, coba tanyakan pada diri sendiri, seberapa banyak kapasitas yang saya butuhkan? Membeli Micro SD dengan kapasitas terlalu besar akan sia-sia jika kita adalah tipe orang yang tak membutuhkan banyak ruang di smartphone.

Namun, kalau anda tipe orang yang menyimpan banyak file foto, video atau aplikasi, maka Micro SD berukuran besar akan cocok untukmu. Tapi jika tidak, lebih baik hemat uangmu untuk membeli Micro SD dengan kapasitas lebih kecil.

Nah berikut itu adalah beberapa tips ketika membeli kartu Micro SD untuk ponsel anda. Jadi sekarang ini kamu tidak perlu khawatir lagi untuk salah beli.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )