Home » » Beberapa Istilah Dalam Dunia Bisnis Yang Wajib Diketahui!

Beberapa Istilah Dalam Dunia Bisnis Yang Wajib Diketahui!

Untuk para pebisnis yang baru terjun ke dalam dunia bisnis, mungkin banyak istilah istilah dalam dunia bisnis yang belum diketahui seperti revenue, income, profit dan sebagainya.

Padahal untuk seorang business person istilah-istilah seperti itu perlu mereka ketahui. Karena itu sebelum kamu benar-benar terjun ke dalam dunia bisnis ada baiknya mengetahui dulu istilah-istilah dalam dunia bisnis.

Beberapa Istilah di Dunia Bisnis

Saat kamu mengetahui istilah yang ada dalam dunia bisnis kamu dapat mengoptimalkan pengetahuan kamu untuk memaksimalkan jalannya bisnis kamu.

Beberapa dari istilah yang ada sebenarnya mungkin menunjuk kepada hal yang sama tetapi sebenarnya mengandung arti yang tentunya berbeda. Karena itu yuk kita bahas satu persatu istilah yang ada dalam dunia bisnis ini:

1. Pendapatan

pendapatan merupakan bentuk pemasukan yang diperoleh oleh suatu perusahaan dalam periode waktu tertentu, seperti pendapatan bulanan, kuartal, semester maupun pendapatan tahunan.

Pendapatan utama yang diperoleh perusahaan biasanya ini datang dari hasil penjualan baik itu barang maupun jasa. Namun penerimaan juga bisa berasal dari sumber lainnya seperti hasil investasi dan bunga deposito. 

2. Keuntungan

Keuntungan adalah suatu pendapatan yang dikurangi oleh biaya lain seperti halnya modal. Seperti contoh kamu memiliki sebuah usaha dimana untuk menghasilkan pendapatan sebesar Rp 20 juta, kamu perlu mengeluarkan biaya usaha tersebut sebesar Rp 15 juta, maka keuntungan yang kamu peroleh adalah Rp 20 juta dikurangi Rp 15 juta, yaitu Rp 5 juta.

3. Penghasilan

Penghasilan adalah jumlah uang yang didapat melalui hasil penjualan dalam jangka waktu tertentu dengan pengurangan dari harga pokok penjualan (HPP), beban dan biaya lainnya. Sebagian orang menganggap bahwa income memiliki persamaan dengan revenue, padahal keduanya ini berbeda. Income hampir selalu mengacu pada laba bersih. 

4. Beban

Istilah dalam dunia bisnis yang satu ini juga kadang banyak yang kurang paham dari arti yang sebenarnya. Beban atau expense adalah suatu penurunan nilai ekonomi, yang merupakan kas keluar atau aktiva yang berkurang.

Beban juga biasanya dianggap sebagai kewajiban. Maksudnya sesuatu yang sudah diberikan dengan memiliki tujuan untuk mendapatkan pendapatan. Contoh, akun yang dapat di dalam laporan laba seperti beban sewa, gaji karyawan, dan lainnya. 

5. Arus Kas

Arus Kas adalah suatu laporan keuangan dimana berisi tentang informasi penerimaan dan pengeluaran kas dalam sebuah perusahaan pada periode waktu tertentu. Dengan adanya laporan keuangan segala arus keuangan perusahaan dapat terlacak.

Berbicara mengenai cash flow, maka kita akan berbicara mengenai arus kas yang masuk dan arus kas yang keluar.

Nah itu dia Beberapa Istilah di Dunia Bisnis. Semoga artikel ini dapat membantu anda, dalam membangun usaha anda hingga menjadi usaha yang sukses.

0 komentar:

Posting Komentar