Home » » 7 Peluang Usaha di Desa Berpotensi Besar

7 Peluang Usaha di Desa Berpotensi Besar

Mengapa harus ke kota? Di desa pun banyak peluang usaha yang tak kalah menarik. Jumlah penduduk di kota sudah semakin padat dan lapangan pekerjaan di kota terbatas. Mengapa kita tidak berpikir memulai usaha di desa?

7 Peluang Usaha di Desa yang Menarik

Berikut ini 7 peluang usaha di desa yang bisa dijadikan referensi. Yuk, simak penjelasannya.

1. Budi daya pertanian organik

Bermula dari kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat, sehingga produk pertanian organik kini semakin banyak diminati. Ini adalah peluang bagi Anda.

Anda dapat membentuk kelompok tani yang terdiri dari beberapa orang dan memulai mengolah lahan pertanian anda. Produk pertanian dapat dipasarkan di desa dan dapat didistribusikan ke daerah lain.

2. Membangun usaha peternakan

Banyaknya lahan yang tersedia di pedesaan, memang cocok untuk membangun usaha peternakan. Ditambah lagi sumber pakan hewan yang banyak tersedia secara alami, sehingga dapat meminimalisir biaya produksi. 

3. Penyewaan alat dan penjualan produk pertanian

Ide usaha ini memiliki peluang yang cukup besar untuk berkembang di daerah pedesaan, karena banyak penduduk desa yang berprofesi sebagai petani.

Anda dapat membangun usaha penjualan produk pertanian ini dalam bentuk koperasi simpan pinjam yang beranggotakan para petani di desa Anda. Anda akan mendapatkan penghasilan dari usaha ini dan sekaligus membantu masyarakat di desa Anda.

4. Mengembangkan produk kerajinan lokal

Cermati keunikan dan ciri khas yang ada di desa Anda. Kemudian, pilih salah satu yang paling berpotensi menjadi peluang bisnis. Produk kerajinan lokal ini tidak hanya bisa dipasarkan di dalam daerah saja, anda juga bisa memasarkannya ke luar daerah. 

5. Mengembangkan potensi wisata daerah

Anda bisa mencoba ide usaha ini. Bentuk usaha yang akan dikembangkan harus sesuai dengan objek wisata yang ada di desa Anda. Misalnya, usaha penyewaan alat permainan air untuk objek wisata seperti pantai atau danau.

Anda bisa membuka area camping dengan berbagai sarana pendukung lainnya untuk objek wisata pegunungan atau bukit. Membuka gerai souvenir di dekat objek-objek wisata di desa Anda juga merupakan ide bagus.

6. Bisnis makanan kekinian

Ide usaha ini patut dicoba. Pilih ide makanan kekinian yang sesuai dengan pasar Anda. Keuntungan membuka usaha ini di desa ialah minimnya persaingan.

7. Membuka Pom Bensin Mini

Ide usaha ini sangat menarik untuk dicoba karena masih minimnya jumlah pom bensin di desa. Anda dapat membuka pom bensin mini yang tidak memerlukan banyak modal. Cari tempat usaha yang strategis di desa untuk usaha ini.

0 komentar:

Posting Komentar


Mau Usaha Pulsa Untung Besar

Promo Daftar Master Dealer Pulsa & Aplikasi Roket Pulsa

Free Konsultasi ( Silahkan Tanyakan Langsung ke Whatsapp Kami )