Home » » Strategi Pemerintah Tingkatkan Kunjungan Turis Domestik Saat New Normal

Strategi Pemerintah Tingkatkan Kunjungan Turis Domestik Saat New Normal

Industri pariwisata memang memiliki peran penting dalam perkembangan perekonomian negara, apalagi Indonesia memiliki potensi wisata yang berlimpah. Mengingat saat ini kehidupan telah berada dalam fase new normal, maka pemerintah telah mengambil beberapa langkah agar dapat menghidupkan kembali pariwisata Indonesia. Agar dapat menambah wawasan kita semua, mari simak informasi seputar kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kunjungan turis domestik di era new normal berikut ini. 

Strategi Pemerintah Tingkatkan Kunjungan Turis Domestik Saat New Normal

Kebijakan Pemerintah untuk Meningkatkan Kunjungan Turis Domestik di Era New Normal

Era new normal memang menjadi harapan besar bahwa kondisi perekonomian dapat segera membaik seiring dengan aktivitas masyarakat yang kembali berjalan. Tentunya dalam rangka mengoptimalkan peluang new normal ini, sejumlah kebijakan telah diambil oleh pemerintah termasuk untuk meningkatkan kunjungan turis domestik. Salah satu staf kementerian Kemaritiman dan Investasi menjelaskan bahwa ada langkah yang telah diambil untuk mendongkrak kunjungan tersebut dari 55% menjadi 70%. 

Di antara kebijakan yang diambil oleh pemerintah adalah mempromosikan potensi wisata lokal yang ada di setiap daerah. Sebagaimana kita ketahui bahwa ketika era new normal maka tidak serta-merta masyarakat dapat leluasa bepergian ke luar daerah. Ada aturan dan persyaratan yang harus dipatuhi mengingat potensi penularan virus covid-19 yang masih ada. Alhasil ini memberikan peluang yang baik bagi wisata lokal untuk dapat berkembang. 

Pemerintah pun memberikan contoh promosi wisata loka yang dilakukan di Padang dengan menggunakan #dipadang saja. Tentunya promosi semacam ini sangat diperlukan agar masyarakat mau dan berminat mengunjungi aset wisata lokal yang ada di daerah mereka. Sehingga mereka pun dapat menikmati liburan dan menyegarkan pikiran tanpa harus ke luar daerah. 

Terkait dengan promosi ini pula, pemerintah juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan kunjungan ke aset wisatanya. Tidak hanya kepada pemerintah daerah, para pelaku usaha di bidang pariwisata ini pun diminta secara aktif untuk mempromosikan kegiatan mereka. Misalnya melalui pemberian harga khusus bagi pengujung yang memiliki KTP lokal, maupun hal lainnya yang dapat menarik minat pengunjung. 

Selain akan mengoptimalkan wisata lokal dan meningkatkan kujungan turis domestik, pemerintah pun secara perlahan akan membuka akses wisata yang berada di wilayah perkotaan maupun kabupaten, hingga pada akhirnya membuka akses perjalanan wisata yang dilakukan antar negara. Namun tentu saja hal itu memerlukan persiapan yang matang dan perhitungan yang tepat dengan mempertimbangkan segala faktor yang ada. 

Tentunya kita semua berharap bahwa new normal ini benar-benar dapat memperbaiki keadaan, khususnya perekonomian. Kemudian juga penting bagi semuanya untuk tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan selama berkegiatan di era new normal. Semoga saja pandemi covid-19 ini dapat segera berakhir, sehingga kita dapat beraktivitas seperti sedia kala tanpa rasa khawatir penularan virus.

0 komentar:

Posting Komentar