Home » » Protokol Kesehatan untuk Industri Pariwisata Era New Normal

Protokol Kesehatan untuk Industri Pariwisata Era New Normal

Menghadapi new normal pemerintah memang telah menyiapkan sejumlah aturan dan salah satu di antaranya adalah tentang protokol kesehatan untuk industri pariwisata. Hal ini penting untuk dilakukan, mengingat keinginan masyarakat untuk segera dapat menikmati berbagai objek wisata sangat besar ketika new normal. Agar tidak salah paham, mari simak informasi tentang protokol kesehatan pariwisata di saat new normal berikut ini. 

Protokol Kesehatan untuk Industri Pariwisata Era New Normal

Draft Protokol Kesehatan Pariwisata Sedang Dikaji Kementerian Kesehatan

Menikmati berbagai macam objek wisata tentu sangat menyenangkan, apalagi dilakukan bersama keluarga. Hal ini pula yang menjadi impian banyak orang ketika telah memasuki new normal. Sebab selama pandemi covid-19 ini masyarakat dihimbau untuk tetap berada di rumah (bahkan jika harus bekerja) yang sudah pasti hal ini cukup menjenuhkan. Alhasil melakukan perjalanan wisata akan menjadi solusi terbaik untuk melepas kejenuhan tersebut. 

Namun tentu saja menikmati perjalan wisata di era new normal agak sedikit berbeda dari sebelumnya. Pasalnya pada era ini ada sejumlah aturan yang harus dipenuhi agar semuanya aman dari virus covid-19. Aturan tersebut saat ini sedang digodok oleh pemerintah dan draftnya telah berada di Kementerian Kesehatan. 

Sebagaimana disampaikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menjelaskan bahwa saat ini draft protokol kesehatan telah berada di kementerian kesehatan. Jika telah final, maka draft itu nantinya akan dirilis oleh Kementerian Kesehatan. Tentunya protokol kesehatan yang tengah disiapkan ini akan sangat menjamin keselamatan dan keamanan semua pihak yang berada di dalam industri pariwisata tersebut. 

Hal yang menarik dari pembahasan protokol kesehatan untuk pariwisata ini adalah pemerintah juga mengajak turut serta perwakilan para pelaku usaha yang berada dalam industri pariwisata. Jadi ketentuan protokol kesehatan yang dihasilkan nanti tidak hanya berdasarkan usulan dari pemerintah saja, namun juga mempertimbangkan aspirasi para pelaku usahanya. 

Harapan besar dari adanya pembahasan protokol kesehatan ini adalah dapat meningkat kepercayaan wisatawan untuk melakukan perjalanan wisata. Ketika protokol kesehatan diberlakukan, maka wisatawan akan merasa aman dan nyaman untuk menikmati objek wisata yang dituju. Pada akhirnya hal ini akan mampu membangkitkan kembali gairah industri pariwisata di tanah air.

Agar semua ini dapat berjalan dengan lancar, maka sudah pasti harus mendapatkan dukungan dari semua pihak. Tidak hanya pemerintah, namun para pengelola tempat wisata harus memberlakukannya secara optimal. Selain itu, dibutuhkan pula kesadaran dari masyarakat selaku pengujung untuk mematuhi segenap aturan atau pun protokol kesehatan yang telah ditetapkan. 

Semakin banyak yang sadar dan peduli akan hal itu, tentu akan semakin jauh resiko penularan yang akan terjadi. Masyarakat pun dapat dengan aman menikmati keindahan objek wisatanya tanpa rasa khawatir terhadap virus covid-19. Demikianlah, semoga informasi kali ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar