Home » » Platform Belajar Online Ideal di Era New Normal

Platform Belajar Online Ideal di Era New Normal

Sejak pandemi melanda Indonesia, dunia pendidikan mengalami perubahan yang sangat signifikan dalam tempo sangat singkat. Adanya perubahan sistem belajar dari rumah dengan mengandalkan teknologi terkini. Ternyata tidak selalu terasa mudah untuk diterapkan dan dijalankan. 

Platform Belajar Online Ideal di Era New Normal

Platform Ideal untuk Belajar Online Selama Pandemi

Meskipun teknologi terkini mendatangkan banyak platform belajar online di rumah, tentunya perlu trik tersendiri agar bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Supaya lebih mudah ada baiknya memilih platform yang tepat untuk kemudahan proses belajar. Selain Zoom dan Google Classroom terdapat beberapa platform ideal lain yang bisa dipakai. Seperti: 

1. Kelas Pintar

Proses belajar dari rumah tidak hanya bisa mengandalkan komunikasi dua arah namun juga telekomunikasi yang melibatkan banyak peserta. Sehingga bisa mengikuti kelas online yang dihadiri oleh banyak siswa dan guru yang bersangkutan. Platform pertama yang dianjurkan untuk dipakai sesuai himbauan Kemendikbud adalah Kelas Pintar. 

Sesuai dengan namanya platform edukasi online ini memungkinkan guru untuk mengadakan kelas online. Media untuk mengajarkan materi terbilang komplit dengan berbagai format file. Sehingga bisa menikmati interaksi langsung sebagaimana kelas offline seperti sebelum pandemi melanda. 

2. Meja Kita

MejaKita merupakan platform kelas online yang juga direkomendasikan oleh Kemendikbud. Platform ini menyediakan fitur pembelajaran yang lengkap, dan paling penting tersedia fitur untuk mengadakan kelas online. Sehingga para siswa bisa berdiskusi untuk menyelesaikan sebuah tugas, baik tugas mandiri maupun kelompok. 

Platform ini juga tampil dengan fitur yang mudah diakses dan terlihat menarik sekaligus mudah dipahami. Berbekal tampilan yang sederhana ternyata mampu menjadikannya mudah digunakan dan berfungsi dengan baik. Sehingga sangat cocok untuk mendukung program belajar dari rumah. 

3. IndonesiaX

Platform berikutnya adalah IndonesiaX yang awalnya dikenal sebagai media online yang menyajikan fitur kursus online. Sehingga sangat tepat digunakan oleh peserta didik zaman sekarang untuk mengadakan dan mengikuti kelas online dari rumah. Media ini memungkinkan suatu kelas online diikuti secara masif oleh banyak pengguna, sehingga cocok untuk mengadakan kelas dan bahkan seminar skala besar. 

4. Quipper School 

Quipper School juga menjadi pilihan menarik untuk mengadakan kelas online yang interaktif. Lewat media online ini seorang guru bisa mengajarkan materi dengan mudah dan lengkap, karena tersedia banyak fitur pendukung. Media ini juga bisa dipakai guru untuk mengirimkan materi pembelajaran, soal ujian, maupun nilai yang dicapai oleh siswa di bawah didikannya. 

5. Rumah Belajar 

Situs dan aplikasi Rumah Belajar juga bisa dijadikan pilihan untuk mengadakan kelas online. Platform ini juga menyediakan fitur unggulan lain yang bermanfaat untuk program belajar dari rumah. Seperti fitur Sumber Belajar yang menyediakan materi ajar lengkap, tersedia pula fitur Bank Soal yang berisi kumpulan soal-soal sesuai kurikulum pendidikan yang berlaku di Indonesia. 

Banyaknya platform terkini untuk mendukung proses belajar dari rumah tentu menjadi angin segar. Meskipun masih baru namun memilih platform dengan desain yang mudah dipahami dan diakses seperti rekomendasi di atas tentu bisa dipertimbangkan.

0 komentar:

Posting Komentar