Home » » Pengalaman Internet di Seluruh Dunia Selama Pandemi Covid-19

Pengalaman Internet di Seluruh Dunia Selama Pandemi Covid-19

Sejak pandemi merebak di seluruh dunia, maka dipastikan akan berdiam di dalam rumah dan sangat membatasi aktivitas luar rumah. Kebijakan pemerintah seperti WFH, lockdown dan sebagainya semakin memperbanyak kegiatan di dalam rumah. Semua pekerjaan maupun kelas untuk pelajar dan anak kuliahan dilakukan online yang kemudian mempengaruhi pola penggunaan internet. 

Pengalaman Internet di Seluruh Dunia Selama Pandemi Covid-19

Penggunaan WiFi dan Kecepatan Jaringan 4G

Internet menjadi salah satu penolong di tengah pandemi, karena keberadaannya membuat pekerja bisa tetap menjalankan kewajibannya. Selain itu mendukung pula kegiatan belajar mengajar, karena platform kelas online mulai banyak digunakan. Platform seperti Zoom maupun Google Classroom dan jenis lainnya mulai jamak digunakan sekaligus semakin populer. 

Supaya semua kegiatan online tersebut lancar maka perlu terkoneksi dengan internet, yang kemudian mengalami peningkatan sejak pandemi. Dilansir dari  berbagai media, penggunaan internet baik di jaringan WiFi maupun jaringan pribadi mengalami peningkatan signifikan. 

Bahkan sampai saat ini dimana pemerintah melonggarkan kebijakan PSBB dan mulai mempersiapkan penerapan new normal dimana banyak perusahaan sudah kembali beroperasi. Ternyata tidak menurunkan durasi dan intensitas penggunaan jaringan WiFi maupun jaringan pribadi secara drastis.

Tercatat pengguna jaringan internet memang menurun sejak PSBB dilonggarkan di berbagai daerah. Namun penurunan ini tidak signifikan, karena memang dikarenakan oleh banyak hal. Salah satunya keputusan sebagian besar masyarakat untuk tetap memperbanyak berdiam di rumah. 

Sekalipun sudah banyak mall besar buka di beberapa kota, termasuk pula hotel, restoran, dan usaha di bidang lainnya. Nyatanya jumlah pengunjung dan pengguna jasa masih belum seramai ketika pandemi belum merebak. Alhasil masyarakat yang memutuskan menghabiskan banyak waktu di rumah agar tetap aman kemudian mengakses internet lebih sering. 

Baik untuk menyelesaikan pekerjaan kantor yang tertunda, mengerjakan pekerjaan rumah, maupun sekedar mencari hiburan dan membuka akun sosial media. Tidak mengherankan jika sampai detik ini penggunaan jaringan WiFi tidak mengalami penurunan yang berarti. 

Lantas, bagaimana dengan kekuatan jaringan 4G di Indonesia sejak pandemi hingga detik ini? Melihat data kekuatan dan kualitas jaringan 4G di berbagai negara memang mengalami peningkatan sejak pandemi. Seperti di negara Italia, Malaysia, dan juga negara Qatar dimana kekuatan jaringan semakin maksimal berkat dukungan provider di negara tersebut. 

Bagaimana dengan di Indonesia? Kekuatan jaringan antara 23 Maret sampai 19 April 2020 memang mengalami penurunan signifikan. Kecepatan download mengalami penurunan dan kondisi ini muncul karena adanya peningkatan jumlah pengguna internet. Namun secara perlahan kualitasnya semakin membaik, dan saat ini beberapa provider sudah mampu menstabilkan kualitas jaringan 4G-nya. 

Internet memang menyediakan solusi agar tetap beraktivitas dan mendapatkan hiburan terbaik selama di rumah saja. Sehingga tidak salah rasanya jika melihat bagaimana perubahan pola penggunaan internet baik di dunia maupun di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar