Home » » Cara Menyiasati Dana Darurat Saat Pandemi Covid-19

Cara Menyiasati Dana Darurat Saat Pandemi Covid-19

Secara harfiah dana darurat memang memiliki fungsi penting dalam manajemen keuangan, baik keuangan pribadi, keluarga, maupun organisasi. Kepemilikan dana darurat akan sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan dalam waktu yang mendesak. Salah satu kondisi yang memungkinkan untuk menggunakan dana darurat adalah pada saat pandemi covid-19 saat ini. Namun tentu saja hal itu tidak disadari oleh semua orang. Apakah sahabat juga termasuk orang yang demikian? Jika iya, maka coba perhatikan penjelasan di bawah ini.

Cara Menyiasati Dana Darurat Saat Pandemi Covid-19

Cara Tepat Menyiasati Dana Darurat Saat Pandemi Covid-19

Dana darurat merupakan jenis dana yang memang dikumpulkan untuk mengatasi keadaan darurat. Dana ini juga termasuk bagian dari sistem manajemen keuangan yang baik. Namun tentu saja tidak semua sadar untuk mengelola dana darurat tersebut. Khusus bagi sahabat yang memang terlambat menyadari pentingnya dana darurat, maka tidak perlu risau dan khawatir. Coba lakukan beberapa hal yang akan dijelaskan berikut ini. 

1. Mulai Kumpulkan Dana Darurat dengan Cara Menabung

Pertama, sahabat dapat segera memulai mengumpulkan dana darurat dengan cara menabung. Uang yang digunakan untuk menabung dapat berasal dari sisa belanja harian dan juga dari menyisihkan gaji yang dimilikinya. Tidak melulu dalam jumlah besar, namun sesuaikan dengan kemampuan dan lakukan secara rutin. 

2. Pilih Tempat Penyimpanan yang Aman

Hal ketiga yang penting untuk dilakukan adalah memiliki tempat penyimpanan dana darurat tersebut. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa pengumpulan dana darurat dapat dilakukan dengan sistem menabung dan sudah pasti hal ini memerlukan tempat penyimpanan. Oleh karena itu, pilihlah tempat penyimpanan dana yang sekiranya benar-benar aman. Sahabat juga dapat melakukan pembukaan rekening bank khusus untuk menyimpan dana darurat tersebut. 

3. Kedisiplinan dalam Penggunaan Dana

Hal lain yang juga penting untuk diperhatikan terkait dana darurat ini adalah kedisiplinan dalam penggunaan dana tersebut. Pastikan bahwa sahabat tidak menggunakan dana darurat untuk keperluan dan hanya untuk menutupi keperluan mendesak saja. Selanjutnya, di saat menggunakan dana darurat tersebut sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan jangan sampai berlebihan. Pergunakanlah dana sesuai dengan besar kebutuhannya, jika telah usai segera kembalikan sisanya. 

Jadi, bagi sahabat yang memang baru menyadarinya akan penting dana darurat ini, maka sahabat dapat segera mengumpulkannya dengan cara menabung. Besar atau kecilnya jumlah uang yang ditabung tidak menjadi masalah. Asalkan dilakukan dengan rutin, maka dana tersebut juga akan terkumpul besar di kemudian hari dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan mendesak. 

Demikianlah informasi seputar dana darurat kali ini, semoga dapat memberikan tambahan wawasan bagi semuanya. Jangan lupa pula untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan diri agar terhindar dari penularan virus corona (covid-1). Ajaklah pula orang-orang di sekitar untuk sadar akan bahaya covid-19 dan sama-sama memeranginya. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar