Home » » Cara Mengatasi Anak yang Kesulitan Bernapas Saat Mengenakan Masker

Cara Mengatasi Anak yang Kesulitan Bernapas Saat Mengenakan Masker

Masker pada dasarnya merupakan alat penting yang harus dikenakan saat ini dalam rangka meminimalisir penularan virus covid-19. Baik orang dewasa maupun anak-anak wajib mengenakannya ketika bepergian dari rumah. Namun kadang kala anak-anak merasa risih saat mengenakan masker dan tidak jarang pula justru susah bernapas. Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini? Tenang tidak usah khawatir mari simak penjelasan berikut ini. 

Cara Mengatasi Anak yang Kesulitan Bernapas Saat Mengenakan Masker

4 Cara Mengatasi Anak yang Susah Napa Saat Mengenakan Masker

Bernapas merupakan hal menarik yang terjadi secara alami dan menjadi sarana pertukaran gas di dalam tubuh (karbondioksida dan oksigen). Bagaimana dengan sesak napas? Salah seorang dokter menjelaskan bahwa sesak napa merupakan salah satu indikasi terjadinya kelebihan kadar karbondioksida di dalam darah. Tentunya hal ini pun dapat terjadi pada anak-anak yang mengenakan masker. Jika kondisi demikian dialami buah hati Anda, maka coba lakukan beberapa hal berikut.

1. Segera Melepas Masker

Cara pertama yang dapat dilakukan ketika anak mengalami sesak napa saat mengenakan masker adalah segera melepas masker yang dikenakannya. Namun sebelum melakukan hal ini pastikan keadaan sekitar aman dan tidak terlalu ramai. Tujuannya untuk meminimalisir resiko yang tidak diinginkan. Setelah dilepas, maka bantulah anak untuk tetap tenang sambil mengatur napasnya. Anda pun dapat memberikan segelas air agar anak menjadi lebih rileks. 

2. Mengganti Masker dengan Bahan yang Lebih Nyaman

Cara kedua adalah mengganti masker anak dengan bahan yang lebih nyaman. Saat ini telah tersedia beragam produk masker, baik medis dan non-medis. Apalagi masker untuk anak yang ditawarkan dengan beragama motif menarik. Pilihlah masker dengan bahan yang baik dan nyaman saat dikenakan. Sebab bisa jadi masker yang dikenakan sebelumnya memiliki bahan yang kurang nyaman dan membuat anak merasa kesulitan bernapas. 

3. Membiasakan Anak Mengenakan Masker

Cara ketiga yang juga dapat dicoba adalah membiasakan anak mengenakan masker. Salah satu faktor yang membuat anak merasa sesak napas saat menggunakan masker dikarenakan dia tidak terbiasa mengenakannya. Oleh sebab itu cobalah untuk membiasakan anak menggunakan masker,s sambil mengedukasinya bahwa masker adalah alat penting yang harus dikenakan saat ini. 

4. Membantu Anak Melakukan Latihan Pernapasan

Terakhir, persoalan sesak napas ini juga diminimalisir dengan melakukan latihan pernapasan. Caranya Anda dapat mengajak anak untuk bernapas dengan menentukan hitungan tertentu. Bahkan kini panduan latihan pernapasan ini juga telah dibagikan secara gratis di situs berbagi video. 

Itulah tadi beberapa cara yang dapat dilakukan ketika buah hati mengalami sesak napas saat mengenakan masker. Agar anak nyaman untuk menggunakan masker ketika ke luar rumah, maka perhatikan bahan maskernya dan juga edukasi anak dengan baik. Demikianlah, semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi kita.

0 komentar:

Posting Komentar