Home » » Bahaya Sinar Biru Layar Gadget yang Wajib Diwaspadai

Bahaya Sinar Biru Layar Gadget yang Wajib Diwaspadai

Jika melihat kondisi saat ini, maka gadget merupakan suatu barang yang begitu akrab dengan kita dalam keseharian. Hampir setiap saat kita selalu menggunakan gadget, baik untuk keperluan menghubungi kerabat, belanja, keperluan kerja, maupun berbisnis. Namun sebaiknya kita perlu waspada yang sahabat. Pasalnya sinar biru yang dihasilkan dari layar gadget diketahui memiliki dampak negatif bagi diri kita. Apa saja dampaknya? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Bahaya Sinar Biru Layar Gadget yang Wajib Diwaspadai

Sejumlah Fakta Tentang Bahaya dari Sinar Biru Layar Gadget 

Penggunaan gadget oleh masyarakat memang telah mengalami peningkatan seiring dengan berjalannya waktu. Bahkan terkadang seseorang tidak menyadari bahwa dirinya telah begitu lama bermain gadget yang dimiliki. Tentunya hal ini tidak baik untuk dibiasakan, sebab ada bahaya yang mengintai. 

Seorang Dokter dari New York yang memiliki spesialis di bidang kulit menjelaskan bahwa semakin rutin seseorang bermain dengan gadgetnya, maka akan semakin besar risiko kesehatan yang akan dialami. Hal itu dikarenakan gadget memiliki sinar biru yang berasal dari pantulan layarnya dan memiliki efek negatif bagi kesehatan tubuh. 

Pada hakikatnya sinar biru dapat dihasilkan oleh beragam produk, seperti handphone, komputer, maupun televisi. Namun saat ini yang umum digunakan dan selalu dipakai dalam jangka waktu lama adalah gadget berupa handphone atau smartphone. Sehingga sudah pasti risiko mengalami permasalahan kesehatan akan lebih besar terjadi terhadap pengguna smartphone. Terlebih bagi mereka yang over dalam penggunaannya. 

Lebih lanjut, sinar biru yang terpancar dari gadget akan berbahaya bagi Kesehatan kulit. Sebab sinar biru yang terperangkap di dalam kulit akan membuat muncul reaksi oksigen yang cenderung tidak stabil. Reaksi semacam ini akan membuat kuit menjadi rusak. Salah satu dampak yang terlihat dari kerusakan kulit tersebut adalah perubahan warna kulit yang cenderung lebih gelap. Hal ini pun telah dibuktikan dengan sebuah penelitian ilmiah yang tertera di The Journal of Investigative Dermatology. 

Di sisi lain, bahaya dari sinar biru yang dipancarkan oleh gadget juga dapat mempengaruhi kesehatan mata. Sinar biru yang terlalu terpapar berat ke are mata mampu merusak retina. Selain itu, sinar biru tersebut juga diketahui dapat mengganggu jadwal tidur yang disebabkan berkurangnya ekskresi melatonin.

Mengingat bahaya akan sinar biru ini, maka sudah seharusnya kita mulai sadar ya sahabat. Paling tidak kita dapat mengurangi sedikit ketergantungan dengan gadget terutama smartphone. Sahabat juga dapat melakukan berbagai langkah antisipasi untuk mengurangi bahaya dari sinar biru tersebut. Di antaranya adalah dengan mengaktifkan modus malam atau fitur pelindung lainnya yang ada di smartphone sahabat. Kemudian kita juga dapat memperbanyak konsumsi vitamin c untuk menjaga kesehatan kulit. Tentunya menjaga jarak aman saat menggunakan gadget juga termasuk hal bijak yang dapat dilakukan.

0 komentar:

Posting Komentar